Tafsir Al-Baidawi PDF (Anwarut Tanzil wa Asrarut Ta'wil 5 Jilid)
Cari Berita

Advertisement

Tafsir Al-Baidawi PDF (Anwarut Tanzil wa Asrarut Ta'wil 5 Jilid)

Sabtu, 02 Desember 2023
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
tafsir baidhowi pdf lengkap drive
Cover Tafsir Baidhowi PDF. Foto: dutaislam.com.


Dutaislam.com - Al-Baidhawi, dia seorang tokoh muslim Persia, dan dikenal sebagai pemuka berpengetahuan luas yang memberikan kontribusi besar terhadap kemajuan dunia Islam melalui karya-karyanya dalam berbagai bidang ilmu keagamaan.


Lengkapnya, nama Al-Baidhawi adalah Abdullah bin Umar bin Muhammad bin Aliy Al-Baidhawi al-Syafi'i Al-Syirazi. Namun, ia lebih dikenal dengan sebutan Al-Baidhawi, diambil dari tempat kelahirannya, yaitu desa Al-Baidha. Ia juga sering dipanggil dengan sebutan al-Qadhi, merujuk pada jabatannya sebagai qadhi (hakim agung) di kota Syiraz yang pernah diemban selama beberapa tahun.


Salah satu karya terkenal Al-Baidhawi adalah tafsirnya yang bernama Anwar al-Tanzil wa Asrar al-Ta'wil (Lampu-Lampu Wahyu dan Rahasia Interpretasi), yang lebih dikenal sebagai Tafsir Al-Baidhawi. 


Baca: Flashdik Kitab Tafsir Full 32 GB


Tafsir ini memiliki ukuran menengah dan oleh sebagian ulama dianggap sebagai ringkasan dari berbagai kitab tafsir sebelumnya. Secara khusus, terdapat ringkasan dari tafsir Al-Kasysyaf karya Zamaksyari, seorang muktazili, dan Mafatih al-Ghaib karya Fakhr al-Din al-Razi, seorang sunni yang fanatik dan cenderung antipati terhadap muktazilah.


Metode tafsir yang digunakan oleh Al-Baidhawi adalah tahlili (analisis), dan ia tidak terikat pada satu corak spesifik. Sebaliknya, tafsir ini mencakup berbagai corak yang beragam. 


Dalam menafsirkan Al-Qur'an, Al-Baidhawi menggunakan bahasa yang ringkas dan cerdas, menggabungkan sumber-sumber tafsir dari riwayat-riwayat Nabi Saw. dan para sahabat. Selain itu, ia juga menerapkan ijtihad untuk menjelaskan analisisnya dan memperkuat argumentasinya, menggunakan pendekatan bi al-ra'yi dan bi al-ma’tsūr secara bersamaan.


Karakteristik unik dari tafsir Al-Baidhawi terletak pada pendekatannya yang holistik, menggabungkan tradisi riwayat dan ijtihad, serta mencerminkan kebijaksanaan dan kecerdasan Al-Baidhawi sebagai seorang ulama besar.


Bila Anda ingin mengunduh Tafsirnya, silakan klik link Google Drive yang ada di bawah ini: 



Terimakasih. Semoga bermanfaat. [dutaislam.com/ab]


Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB