Manhajut Thullab (PDF Drive) - Matan Kitab Hasyiyah Al-Jamal dan Bujairami
Cari Berita

Advertisement

Manhajut Thullab (PDF Drive) - Matan Kitab Hasyiyah Al-Jamal dan Bujairami

Kamis, 07 Desember 2023
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
kitab matan manhajuth thullab pdf
Kitab Manhajut Thullab PDF. Foto: istimewa.


Dutaislam.com - Penulis kitab ini memberikan nama kitabnya dengan judul: "Manhaju Ath-Thullab" (منهج الطلاب) yang berarti "Jalan bagi Para Santri" atau dapat diartikan sebagai pedoman bagi para penuntut ilmu. Dilihat dari namanya, terdapat kesan bahwa pengarang menujukan kitab ini untuk pemula yang ingin memahami mazhab Asy-Syafi'i.


Pengarang kitab ini adalah Zakariyya Al-Anshori, seorang Syaikhul Islam terkenal di kalangan penganut mazhab Asy-Syafi'i. Lahir pada tahun 823 H, beliau memiliki hubungan dengan penduduk Madinah, sehingga disebut Al-Anshori. Keilmuannya sangat luas, yang menghasilkan gelar Syaikhul Islam. Zakariyya Al-Anshori wafat di Kairo pada tahun 926 H dan dimakamkan dekat makam imam Asy-Syafi'i.


Baca: Flashdisk Kitab Kuning PDF 32 GB


Kitab ini termasuk dalam kategori mukhtashor fikih dalam mazhab Asy-Syafi'i. Lebih tepatnya, "Manhaj Ath-Thullab" merupakan ringkasan dari kitab "Minhaj Ath-Tholibin" karya An-Nawawi. Sebagai mukhtashor dari mukhtashor, Zakariyya Al-Anshori tidak hanya merangkum, tetapi juga menambahkan informasi, menggantikan pendapat yang tidak diakui dengan yang diakui, dan menghilangkan pembahasan perbedaan pendapat. 


Dari segi nama, kedua kitab ini sebenarnya memiliki makna yang serupa. Artinya, "Manhaj Ath-Thullab" dapat dianggap sebagai padanan dari "Minhaj Ath-Tholibin" karena kata "manhaj" setara dengan "minhaj" dan "thullab" setara dengan "tholibin".


Setelah penulisan kitab ini, beberapa ulama tertarik untuk memberikan penjelasan dan komentarnya. Pertama kali, Zakariyya Al-Anshori sendiri menulis syarah dalam kitab yang disebut "Fathu Al-Wahhab". Motivasi pembuatan syarah ini muncul dari permintaan teman-teman dan murid-muridnya yang ingin penjelasan lebih lanjut tentang isi "Manhaj Ath-Thullab".


Setelah itu, sejumlah ulama termotivasi untuk membuat hasyiyah (komentar) atas kitab "Fathu Al-Wahhab". Salah satunya adalah Al-Jamal (w. 1204 H) yang menciptakan hasyiyah terkenal bernama "Hasyiyah Al-Jamal". Al-Jamal membuat komentar ini berdasarkan "Fathul Wahhab" untuk menjelaskan isi "Manhaj Ath-Thullab". Beberapa ulama lain juga membuat mukhtashor (ringkasan) untuk hasyiyah ini, yang ditemukan dalam manuskrip di perpustakaan Vatikan dengan judul "Mukhtashor Futuhat Al-Wahhab bi Taudhihi Syarhi Manhaji Ath-Thullab".


Bila Anda terterik membacanya, silakan download Kitab Manhajut Thullab PDF dengan link Drive yang ada di bawah ini: 



Ulama lain yang memberikan hasyiyah untuk "Fathu Al-Wahhab" adalah Al-Bujairimi (w. 1221 H), dikenal dengan nama "Hasyiyah Al-Bujairimi". Perlu diingat bahwa "Hasyiyah Al-Bujairimi" merujuk pada komentar Al-Bujairimi terhadap "Fathu Al-Wahhab", sementara jika disebut "Al-Bujairimi 'Ala Al-Khothib", itu merujuk pada komentar Al-Bujairimi terhadap "Al-Iqna'" karya Al-Khothib Asy-Syirbini, yang merupakan syarah dari matan Abu Syuja'. 


Kedua karya di atas, "Hasyiyah Al-Bujairimi" dan "Al-Bujairimi 'Ala Al-Khothib" adalah dua kitab yang berbeda. "Hasyiyah Al-Bujairimi" memiliki nama resmi yang diberikan oleh penulisnya, yaitu "At-Tajrid li Naf’i Al-‘Abid". [dutaislam.com/ab]

 

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB