Kitab Tahliyah wat Targhib Sayyid Muhammad (PDF Makna Pesantren)
Cari Berita

Advertisement

Kitab Tahliyah wat Targhib Sayyid Muhammad (PDF Makna Pesantren)

Senin, 04 Desember 2023
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
kitab tahliyah wa tahghib sayyid muhammad makna pesantren
Kitab Tahliyah wat Targhib. Foto: dutaislam.com.


Dutaislam.com - Kitab At-Tahliyah Wa At-Tarhib Fi At-Tarbiyah Wa At-Tahdzib yang ditulis oleh Sayyid Muhammad adalah salah satu karya penting dalam literatur akhlak yang umumnya dipelajari di pondok pesantren dan institusi pendidikan lainnya.


Kitab ini terdiri dari 13 bab yang mendalaminya, membahas berbagai aspek akhlak, termasuk yang berkaitan dengan diri sendiri, keluarga (baik ayah maupun ibu), dan aspek sosial dalam kehidupan bermasyarakat.


Bahasa yang digunakan dalam kitab ini sederhana dan mudah dipahami, ditambah dengan keindahan syair yang dihasilkan oleh pengarang, memberikan nuansa seni tersendiri pada karya ini. Meskipun secara umum membahas akhlak, kitab ini memiliki keunikannya sendiri yang membedakannya dari karya-karya akhlak lainnya.


Keistimewaan kitab ini terletak pada kenyataan bahwa selain membahas akhlak, juga disertai dengan unsur-unsur yang membangun jiwa, menjaga kesehatan jasmani, dan memberikan pengetahuan tentang cinta terhadap tanah air.


Sayyid Muhammad, sebagai pengarang terkenal, karyanya banyak diajarkan di pondok pesantren dan lembaga pendidikan di Indonesia maupun di berbagai belahan dunia. Beliau lahir di Makkah pada tahun 1365 H/1945 M, dan merupakan putra dari Sayyid Alawi Ibnu Sayyid Abbas Ibnu Sayyid Abdul Aziz al-Maliki al-Hasani al-Asy'ari asy-Syadzili.


Wafatnya Sayyid Muhammad terjadi pada hari Jumat tanggal 15 Ramadhan 1425 H (29 Oktober 2004 M), dan beliau dimakamkan di pemakaman Al-Ma'la, berdampingan dengan kuburan istri Rasulullah, Khadijah binti Khuwalid.


Selain sebagai pengarang, Sayyid Muhammad juga dikenal sebagai seorang pendidik Ahlussunnah Waljamaah, menjadi cahaya dalam menjalankan ajaran Rasulullah Saw pada masa kini. Beliau merupakan seorang ulama kontemporer yang memiliki keahlian dalam ilmu hadits, tafsir, qur‟an, fiqh, aqidah, tasawuf, dan sirah Nabi Muhammad Saw. Hingga saat ini, beliau tetap menjadi tokoh yang sangat dihormati di kalangan Ahlussunnah Waljamaah.


Jika Anda ingin mendownload dan membacanya, silakan melalui link Google Drive yang telah tersedia di bawah ini: 



Terimakasih. Semoga bermanfaat untuk mengajar dan belajar. [dutaislam.com/ab]


Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB