Kitab Tafsir Munir atau Marah Labid (PDF - Drive)
Cari Berita

Advertisement

Kitab Tafsir Munir atau Marah Labid (PDF - Drive)

Selasa, 05 Desember 2023
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
kitab tafsir munir marah labid nawawi
Kitab Tafsir Marah Labid. Foto: dutaislam.com.


Dutaislam.com - Kitab Tafsir Marah Labid atau Tafsir Munir terhitung sebagai kitab tafsir yang sangat istimewa, karena karya ini adalah karya tafsir Al-Qur’an yang pertama yang ditulis dalam bahasa Arab secara lengkap oleh seorang ulama asal Nusantara. 


Selain itu, karya ini juga tercatat sebagai salah satu karya tafsir yang ditulis pada abad ke-19 M di dunia Islam. Dalam kolofon, didapati informasi jika karya ini selesai ditulis di Makkah pada malam rabu, 5 Rabiul Akhir tahun 1305 H (bertepatan dengan 20 Desember 1887 Masehi).


Baca: Flashdisk Kitab Kuning 32 GB


Karya ini kemudian dicetak untuk pertama kalinya oleh Al-Mathba’ah Al-‘Utsmaniyyah (Al-Amiriyyah) di Kairo beberapa bulan kemudian (1305 Hijriah/ 1888 Masehi), dan mengalami cetak ulang berkali-kali hingga saat ini oleh pelbagai penerbit lainnya, baik di Timur Tengah ataupun di Nusantara.


Dalam kata pengantarnya, Syaikh Nawawi Banten mengatakan bahwa dirinya menulis kitab tafsir ini dikarenakan adanya dorongan dari salah seorang gurunya. Pada awalnya, beliau merasa segan untuk menuliskan sebuah karya tafsir, karena bidang ilmu ini terhitung berat. Namun kemudian, demi misi lestarinya sebuah tradisi penulisan ilmu pengetahuan, maka beliau pun mulai menuliskan karya tafsir ini. 


Dalam menulis karya ini, Syaikh Nawawi Banten pun merujuk kepada beberapa kitab tafsir, sebagaimana yang beliau sebutkan dalam kata pengantarnya. Beberapa rujukan tersebut adalah Al-Futuhut Al-Ilahiyyah Mafatih Al-Ghaib atau yang dikenal dengan Al-Tafsir Al-Razi, Al-Siraj Al-Munir dan Tafsir Abi Sa'ud atau Irsyad Al-Aql Al-Salim


Dalam menulis karya tafsir ini, Syaikh Nawawi Banten cenderung menggunakan metode “tahlili” (analitik), yaitu mengkaji dan menafsirkan Al-Qur’an berdasarkan sistematika urutan ayat dan surat. 


Syaikh Nawawi Banten juga menuliskan asbabun nuzul, yaitu konteks dan kausa sebuah ayat diturunkan, menguraikan varian bacaan Al-Qur’an (qira'at) dan implikasi hukum yang ditimbulkan olehnya.


Jika Anda ingin mengunduhnya, silakan ke link Drive yang telah tersedia dia bawah ini: 



Tulisan artikel resensi Marah Labid ini adalah cuplikan asli dari artikel yang ditulis oleh  Ahmad Ginanjar Sya'ban yang dimuat pada 2019 lalu. [dutaislam.com/ab]


Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB