Kitab Riyadhus Sholihin PDF 2 Jilid dan Terjemahnya
Cari Berita

Advertisement

Kitab Riyadhus Sholihin PDF 2 Jilid dan Terjemahnya

Sabtu, 02 Desember 2023
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
kitab riyadlus sholihin terjemah indonesia
Cover terjemah Riyadhus Sholihin Imam Nawawi.


Dutaislam.com - Riyadhus Shalihin (رياض الصالحين), yang dikenal juga sebagai "Taman Orang-Orang Shalih" adalah sebuah kitab hadis yang ditulis oleh Imam An-Nawawi (w. 676 H/1277 M). Kitab ini memiliki peran penting dalam dunia keilmuan Islam dan telah menjadi rujukan bagi umat Muslim dalam mengembangkan akhlak dan tata hidup yang Islami.


Isi kitab Riyadhus Shalihin mencakup berbagai tema, tetapi intinya adalah menyajikan hadist-hadist Rasulullah Muhammad SAW yang berkaitan dengan perilaku moral, etika, dan amal perbuatan yang baik. Imam An-Nawawi menyusun kitab ini dengan tujuan menyediakan panduan praktis bagi umat Islam agar dapat hidup sesuai dengan ajaran agama.


Baca: Flashdisk Kitab Ribuan Judul


Riyadhus Shalihin dibagi menjadi 372 bab yang mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari, termasuk ibadah, moralitas, etika, hubungan sosial, dan banyak lagi. Setiap bab diawali dengan ayat Al-Qur'an yang relevan dan diikuti oleh hadis-hadis Rasulullah SAW yang berkaitan dengan tema tersebut. Imam An-Nawawi juga memberikan penjelasan singkat atau komentar terhadap hadis-hadis tersebut untuk memudahkan pemahaman pembaca.


Salah satu fokus utama Riyadhus Shalihin adalah ibadah dan akhlak. Kitab ini membahas tata cara shalat, puasa, zakat, haji, dan ibadah-ibadah lainnya. Selain itu, Imam An-Nawawi memberikan penekanan pada pentingnya menjaga akhlak yang baik dalam berbagai aspek kehidupan, seperti kejujuran, kesabaran, dan rendah hati.


Kitab ini juga membahas etika dalam hubungan sosial, termasuk dalam keluarga, masyarakat, dan lingkungan sekitar. Imam An-Nawawi mengajarkan nilai-nilai seperti kebaikan kepada tetangga, hormat kepada orang tua, dan pentingnya memelihara hubungan baik dengan sesama.


Riyadhus Shalihin tidak hanya menyoroti kehidupan dunia, tetapi juga memberikan pandangan terhadap persiapan menghadapi kehidupan akhirat. Imam An-Nawawi membahas topik-topik seperti kematian, hari kiamat, dan kehidupan di akhirat, serta memberikan petunjuk mengenai amalan-amalan yang dapat membawa kebahagiaan di dunia dan akhirat.


Kitab ini juga menyajikan ajaran-ajaran mengenai kesederhanaan dan zuhud. Imam An-Nawawi menekankan pentingnya melepaskan diri dari ketergantungan pada harta dunia, menjalani hidup sederhana, dan fokus pada nilai-nilai spiritual.


Banyak bagian dari "Riyadhus Shalihin" yang berisi keutamaan dan anjuran-anjuran Rasulullah SAW. Hadis-hadis ini memberikan inspirasi dan motivasi bagi pembaca untuk meningkatkan kualitas hidup mereka sesuai dengan ajaran Islam.


Riyadhus Shalihin telah mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari seluruh umat Islam sebagai salah satu kitab hadis terpenting. Kitab ini tidak hanya menjadi sumber referensi bagi umat Islam dalam menjalani kehidupan sehari-hari, tetapi juga digunakan sebagai bahan pembelajaran di berbagai lembaga pendidikan Islam.


Bila Anda ingin mengunduhnya dalam versi PDF, silakan ke link di bawah ini: 



Terimakasih. Semoga bermanfaat. [dutaislam.com/ab]


Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB