Kitab Maqashidus Sholat PDF Drive Syaikh Izzuddin Abdis Salam
Cari Berita

Advertisement

Kitab Maqashidus Sholat PDF Drive Syaikh Izzuddin Abdis Salam

Selasa, 05 Desember 2023
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
kitab maqashidus sholat pdf karya izzuddin
Kitab Maqashidus Sholat PDF. 


Dutaislam.com - Syaikh Izzuddin menulis buku ini dengan perspektif rohaniah, yang dapat memberikan pencerahan tentang tujuan sebenarnya dari ibadah seorang hamba kepada Tuhannya. Ia meneliti ibadah shalat dari segi batiniah, rahasia, ruh, dan hikmah yang tersirat di setiap bacaan dan gerakannya.


Dengan demikian, pembaca akan dapat memahami, meresapi, dan menyerap keagungannya. Dengan kata lain, Maqashidus Shalat memiliki dimensi yang berbeda dibandingkan dengan buku shalat lain yang umumnya hanya menjelaskan formalitas hukum secara hitam-putih, termasuk rukun-wajib, sunnah, dan hal-hal terkait pembatalannya.


Baca: Kumpulan Kitab Kuning PDF 32 GB (Bisa Unduh)


Syaikh Izzuddin juga membahas bahwa keutamaan dan kemuliaan suatu ibadah bergantung pada tingkat pemahaman dan manfaatnya; semakin besar manfaatnya, semakin utama ibadah tersebut. Pertanyaannya kemudian, ibadah apa yang memiliki faedah paling agung? Jawabannya adalah mengenal Allah dan beriman kepada-Nya. Dan ibadah apa yang mengikuti? Jawabannya adalah shalat.


Shalat melibatkan aktivitas hati, lisan, dan anggota badan secara bersamaan, baik itu shalat fardhu maupun sunnah, yang tidak dimiliki oleh ibadah-ibadah lainnya. Keutamaan shalat tercermin sebagai ibadah yang mampu mencegah perbuatan mungkar dan keji (QS. Al-Ankabut: 45), menghapus dosa dan kesalahan (QS. Hud: 114), serta meningkatkan derajat ketakwaan (QS. Al-Isra: 79). Tujuan utama shalat adalah usaha memperbarui perjanjian antara hamba dan Allah.


Syaikh Izzuddin juga secara mendalam menjelaskan makna setiap bacaan dalam shalat, mulai dari Takbir, berdiri, ruku', i'tidal, sujud, dan dzikir, yang semuanya ditujukan hanya kepada Allah. Dalam surah Al-Fatihah, terdapat hak Allah pada separuh pertama berisi pujian, sedangkan separuh kedua adalah hak mushalli karena berisi doa permohonan kepada Allah. Bacaan doa antara dua sujud merupakan hak mushalli, dengan tingkat ketaatan dan kekhusyukan yang tergantung pada Allah.


Jika Anda tertarik membacanya, silakan ke link Drive berikut ini:



Syaikh Izzuddin menyajikan penjelasan yang sangat detail mengenai makna gerakan shalat dan keadaan hati mushalli. Ia menggambarkan shalat sebagai bentuk ibadah yang patut disyukuri karena setiap bacaan dan gerakannya sarat dengan makna yang sangat diperlukan dalam perjalanan spiritual seorang hamba.


Dengan membaca buku ini, pembaca diundang untuk mengeksplorasi eksistensi diri mereka dan mengevaluasi sejauh mana penghayatan shalat mereka. Secara tidak langsung, Syaikh Izzuddin ingin menunjukkan cara yang tepat untuk melaksanakan shalat agar kita dapat benar-benar khusyuk saat berkomunikasi dengan Allah. [dutaislam.com.ab]


Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB