Kitab Kanzur Roghibin Al-Mahalli (PDF Download)
Cari Berita

Advertisement

Kitab Kanzur Roghibin Al-Mahalli (PDF Download)

Sabtu, 02 Desember 2023
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami

kitab kanzur roghibin al-mahalli kosongan
Cover Kitab Mahalli. Foto: istimewa.

Dutaislam.com - Kitab "Kanzu Ar-Roghibin" (كنز الراغبين) merupakan sebuah syarah klasik untuk kitab "Minhaj Ath-Tholibin" yang telah diakui oleh ulama-ulama Asy-Syafi’iyyah sebagai salah satu karya penting. 


Dalam kategori syarah "tua", kitab ini menjadi salah satu dari empat syarah utama yang menjadi rujukan utama bagi para ulama. Empat syarah tersebut mencakup "Manhaju Ath-Thullab" oleh Zakariyya Al-Anshori (yang kemudian dikenal sebagai "Fathu Al-Wahhab" dan "Futuhat Al-Wahhab" atau "Hasyiyah Al-Jamal"), "Kanzu Ar-Roghibin" karya Jalaluddin Al-Mahalli, "Tuhfatu Al-Muhtaj" karya Ibnu Hajar Al-Haitami, dan "Nihayatu Al-Muhtaj" karya Syamsuddin Ar-Romli.


Nama "Kanzu Ar-Roghibin" memiliki arti "simpanan berharga bagi orang-orang yang memiliki keinginan." Nama ini mencerminkan keinginan pengarang agar pembaca yang ingin memahami secara rinci dan mendalam isi kitab "Minhaj Ath-Tholibin" akan menemukan kitab ini sebagai harta yang tak ternilai. Kitab ini selesai ditulis pada tahun 860 H.


Baca: Flashdisk Kitab 32 GB Ribuan Judul


Pengarangnya, Jalaluddin Al-Mahalli, dikenal di Indonesia melalui karyanya dalam bidang tafsir yang terkenal dengan nama tafsir Jalalain. Lahir di Kairo, Mesir, pada awal Syawwal tahun 791 H, Al-Mahalli memiliki guru-guru terkenal seperti Al-Bulqini, Ibnu Al-Mulaqqin, Ibnu Hajar Al-‘Asqolani, Asy-Syams Al-Birmawi, dan lain-lain. Meskipun seorang pedagang, Al-Mahalli memiliki kecerdasan yang luar biasa hingga diumpamakan akalnya bisa menembus intan.


"Kanzu Ar-Roghibin" dapat dianggap sebagai syarah yang ringkas, menggunakan bahasa yang singkat dan padat. Penyajian dalil pun dilakukan dengan singkat namun konsisten. Kitab ini diakui tinggi oleh ulama Asy-Syafi’iyyah dan menjadi referensi utama dalam menyusun kitab-kitab lainnya. Hasyiyah-hasyiyah yang dibuat untuk kitab ini juga mencakup karya-karya yang terkenal seperti "Hasyiyah Al-Qolyubi" dan "Hasyiyah Amiroh".


Sejumlah penerbit, seperti Bulaq di Mesir, Al-Mathba’ah Al-Maimaniyyah, Dar Al-Minhaj, dan Dar Ihya’ Al-Kutub Al-‘Arobiyyah, pernah mempublikasikan kitab ini. 


Edisi Dar Al-Minhaj, dengan tahqiq Mahmud Al-Hadidi, menjadi salah satu edisi terkenal dengan ketebalan total sekitar 1500 halaman. Tahqiq tersebut dilakukan oleh Al-Hadidi setelah mengkaji kitab ini bersama gurunya, Syaikh Shodiq Muhammad Muhammad Salim, dan Syaikh Hasan Al-Brifkani.


Jika Anda ingin mendownloadnya, silakan ke link Drive: KANZUR ROGHIBIN PDF (4 Jilid Lengkap). [dutaislam.com/ab]


Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB