Kitab Hasyiah Al-Bajuri Ibnu Qasim PDF (Makna Pesantren dan Kosongan)
Cari Berita

Advertisement

Kitab Hasyiah Al-Bajuri Ibnu Qasim PDF (Makna Pesantren dan Kosongan)

Jumat, 01 Desember 2023
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
kitab bajuri makna pesantren pdf download gratis jilid 1
Cover kitab Bajuri PDF Makna Pesantren (Juz 1). Foto: dutaislam.com.

Dutaislam.com - Kitab Hasyiah Al-Bajuri Ibnu Qasim As-Syafi'i adalah sebuah karya besar yang membahas dan memberikan penjelasan mendalam terhadap kitab fikih terkenal dalam mazhab Syafi'i, yaitu Matan Al-Ghayah wa At-Taqrib. Al-Bajuri, seorang ulama besar, memberikan sumbangan berharga dengan Hasyiah-nya yang penuh wawasan ini.

Gimana ya, bayangin aja Hasyiah Al-Bajuri Ibnu Qasim ini kayak kawan setia yang nemenin kita jalanin Matan Al-Ghayah wa At-Taqrib. Jadi begini, Matan itu kayak peta, nunjukin arahnya, tapi kadang kita butuh temen yang tahu jalan lebih detil, itulah peran Hasyiah Al-Bajuri Ibnu Qasim.

Jadi, Al-Bajuri ngebahas semua yang ada di Matan itu. Mulai dari masalah hukum, ibadah, muamalah, sampe ke hal-hal teknis kayak berapa rakaat shalat, kapan zakat wajib, sampe detil-detil kecil yang kadang kita suka bingung. Dia ngasih bocoran, nih, bagaimana cara baca peta (Matan) itu dengan lebih cerdas.

Baca: Miliki 44 Judul Kitab Kuning PDF Makna Pesantren Full

Pokoknya, kalau Matan itu kayak panduan perjalanan, Hasyiah Al-Bajuri ini kayak GPS yang memberikan petunjuk detail, apa aja yang perlu diperhatikan, dan gimana kita bisa nyampe ke tujuan dengan aman.

Dia bahas tentang shalat, puasa, zakat, dan haji juga lho! Gimana cara ngejalaninnya, apa aja yang perlu diperhatikan, sampe detil-detil kecil yang kadang kita suka lupa atau gak tau. Nah, dengan Hasyiah Al-Bajuri, ini jadi lebih terang benderang.

Terus, yang seru, dia gak cuma bahas teori aja. Ada juga contoh-contoh kasus dari kehidupan sehari-hari yang dia terangkan. Jadi kayak gini, kita baca hukumnya, terus Al-Bajuri nyeritain, "Nah, misalnya begini, kalau kamu lagi di kondisi A, B, atau C, ini hukumnya kayak gini." Jadi, bener-bener berasa diajak ngobrol, bukan cuma disodorin aturan tanpa tahu kenapa.

=====
JUDUL KITAB: Hasyiah Al-Bajuri Ibni Qasim (Jilid 1)
PENULIS: Syaikh Ibrahim Al-Baijuri Ibni Qasim
PENERBIT: -
TEBAL: 392 halaman PDF
SPACE: 203 MB (Awas Kuota!)
LINK DOWNLOAD:
1. Kitab Al-Bajuri PDF Makna Pesantren (Jilid 1)
2. Kitab Al-Bajuri PDF Kosongan (Jilid 1 | Jilid 2)
3. Kitab Al-Bajuri PDF Cet. Libanon (Jilid 1 | Jilid 2)
=====

Penting juga, dia ngasih pandangan dan argumen dari mazhab Syafi'i sendiri. Jadi kita nggak hanya tahu hukumnya, tapi juga tahu alasan di baliknya. Gimana mereka memahami Al-Qur'an, Hadis, dan prinsip-prinsip hukum Islam lainnya.

Satu lagi, Hasyiah Al-Bajuri ini gak kaku. Dia tahu bahwa kondisi masyarakat bisa berubah, dan hukum Islam perlu dihadirkan dalam konteks yang relevan. Jadi, dia berusaha menjelaskan bagaimana aturan-aturan ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan realistis.

Singkatnya, Hasyiah Al-Bajuri Ibnu Qasim As-Syafi'i itu kayak penerjemah hebat yang ngebantu kita paham Matan Al-Ghayah wa At-Taqrib. Dia bikin kita nggak cuma tahu hukumnya, tapi juga tahu kenapa, gimana, dan kapan harus diterapkan. Jadi, bisa dibilang, dia itu kayak sahabat setia dalam meresapi keindahan dan kedalaman hukum Islam mazhab Syafi'i.. [dutaislam.com/ab]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB