Iklan

Iklan

,

Iklan

Kitab Fathul Izar Li Auqotil Hartsi (PDF Drive) - Makna Pesantren ala Jawa

5 Des 2023, 21:28 WIB Ter-Updated 2023-12-05T14:28:01Z
fathul izar makna pesantren
Cover Kitab Fathul Izar Makna Pesantren (PDF). Foto: dutaislam.com.

Dutaislam.com
-  TFathul Izar adalah salah satu kitab kuning pesantren yang memuat kajian tentang fiqih Islam, khususnya dalam konteks rumah tangga dan kehidupan sehari-hari. Kitab ini ditulis oleh Muhammad Fauzi dan memiliki fokus utama pada masalah-masalah fiqih yang berkaitan dengan pernikahan dan rumah tangga. Berikut adalah resensi singkat mengenai kitab Fathul Izar


Isi Kitab Fathul Izar membahas berbagai aspek kehidupan rumah tangga dalam perspektif Islam. Kitab ini mencakup sejumlah bab yang membahas pernikahan, hubungan suami-istri, hak dan kewajiban pasangan, serta tata cara dalam kehidupan sehari-hari. 

Salah satu hal yang menonjol dalam kitab ini adalah penjelasan masalah-masalah fiqih secara mendalam, sekaligus memberikan pedoman praktis untuk menghadapi situasi-situasi tertentu.

=====
JUDUL KITAB: Fathul Izar fi Kaysfil Asror Li Auqotil Hars wa Khalaqotil Abkar
LINK DOWNLOAD PDF: Kitab Fathul Izar Makna Pesantren
=====

Muhammad Fauzi, sebagai penulis Fathul Izar, tampaknya memiliki pendekatan yang bersifat praktis dan kontekstual. Kitab ini tidak hanya memberikan pandangan teoritis, tetapi juga memberikan solusi konkret untuk masalah-masalah yang mungkin dihadapi oleh pasangan suami-istri dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan ini dapat membantu pembaca dalam memahami dan mengimplementasikan ajaran Islam dalam kehidupan keluarga mereka.

Dalam beberapa bab, Fathul Izar membahas pertimbangan dalam memilih pasangan hidup. Penulis menyinggung tentang karakteristik fisik tertentu (katuranggan), seperti tinggi atau pendeknya seseorang, dan memberikan pandangan terhadap hal ini. Namun, sangat penting untuk diingat bahwa pandangan ini mungkin bersifat kontekstual dan dapat berkaitan dengan pemahaman masyarakat pada masa penulisan.

Muhammad Fauzi menekankan bahwa niat yang tulus dan ikhlas sangatlah penting dalam membangun hubungan rumah tangga yang harmonis. Ia mendorong pembaca untuk menjadikan ikhlas sebagai landasan utama dalam berumah tangga, dan bahwa niat yang tulus akan menciptakan keberkahan dalam rumah tangga.

Kitab ini dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk mereka yang ingin mendalami ajaran Islam terkait dengan kehidupan rumah tangga.. [dutaislam.com/ab]

Iklan