Iklan

Iklan

,

Iklan

Download Karya-Karya Syaikh Abdul Hayyi Al-Farmawi, Mesir

1 Des 2023, 13:59 WIB Ter-Updated 2023-12-15T14:19:41Z
pdf kitab abdul hayyi al farmawi download
Download Karya Dr. Abdul Hayyi Al-Farmawi PDF. Foto: dutaislam.com.

Dutaislam.com - Syaikh Abdul Hayy Al-Farmawi adalah salah satu doktor yang merupakan guru besar Universitas Al-Azhar Kairo. Seorang ulama dan cendekiawan Islam yang terkenal, terutama dalam bidang studi ilmu hadist. 

Ia dikenal dengan kontribusinya yang signifikan dalam penelitian hadis dan pemahaman terhadap warisan keilmuan Islam. Namanya mencuat dalam dunia akademis Islam, dan karyanya menjadi rujukan penting bagi para peneliti dan pelajar di bidang hadist.

Salah satu sumbangsihnya yang terkenal adalah karyanya dalam bidang ilmu hadis. Ia terlibat dalam penelitian terhadap sanad (rantai perawi) dan matan (teks) hadist, menguraikan keaslian dan kekuatan hadis, serta konteks historis di baliknya. Karyanya mencakup analisis kritis terhadap riwayat hadis dan memberikan pemahaman yang lebih mendalam terhadap hadist-hadist tertentu.


Abdul Hayy Al-Farmawi juga dikenal sebagai seorang guru yang mendidik generasi muda untuk memahami warisan intelektual Islam dengan baik. Ia memberikan pengajaran dan bimbingan kepada para pelajar dalam mengeksplorasi ilmu hadis, serta menanamkan nilai-nilai etika dan moral dalam pembelajaran mereka.

Pada tahun 2011, Al-Farmawi pernah berkunjung ke Indonesia, tepatnya saat ulah tahun NWDI ke-76 di Pancor, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ketika itu, Al-Farmawi berpesan kepada umat Islam Indonesia agar bersatu dan terus menjaga persatuan. Kebangkitan Islam dunia, menurutnya, akan dimulai dari Indonesia. Ia sempat berpesan ihwal persatuan umat Islam tersebut dalam pidato 20 menit berbahasa Arab.

Pengaruh Abdul Hayyi Al-Farmawi meluas di kalangan akademisi dan cendekiawan Islam, dengan karyanya yang diterbitkan menjadi referensi penting. Kontribusinya dalam bidang ilmu hadis membantu memperkaya pemahaman umat Islam terhadap ajaran dan praktik-praktik Nabi Muhammad SAW. Keilmuannya juga melibatkan upaya menjaga kesucian dan keautentikan tradisi hadis.

Karya Dr. Abdul Hayyi Al-Farmawi (عبد الحي الفارماوي) lumayan banyak. Tapi, redaksi Duta Islam hanya mendapatkan 3 judul kitabnya dalam format PDF. Judulnya unik-unik, termasuk Kitab Tafsir Maudlu'i dan Kisah Para Nabi.

  1. Al-Maut fil Fikril Islami (الموت فى الفكر الإسلامي)
  2. Lailatul Qodar fi Dlou'is Sunnah (ليلة القدر فى ضوء الكتاب والسنة)
  3. Qisshatun Naqth was Syakl (قصة النقط والشكل فى المصحف الشريف)

Karyanya menjadi bagian tak terpisahkan dari warisan keilmuan Islam dan terus memberikan sumbangan berharga dalam pemahaman agama dan tradisi Islam. [dutaislam.com/ab]

Iklan