Iklan

Iklan

,

Iklan

Nur Muhammad: Makhluk yang Pertama Kali Diciptakan oleh Allah Swt

30 Okt 2023, 03:13 WIB Ter-Updated 2023-11-12T22:24:12Z
tahdzib siroh nabawiyah pc rijalul ansor jepara 2023
Ustadz Khoirur Rohim (kanan) saat menyampaikan materi di Agenda Tahdzib Siroh Nabawiyah PC MDS Rijalul Ansor Jepara, di Ponpes Nailul Muna, Kalipucang Wetan, Welahan, Jepara, Ahad (29/10/2023) siang. Foto: dutaislam.com


Dutaislam.com - Dalam Al-Barzanji, nur Muhammad bukan saja sudah dibahas, tapi sudah dibacakan shalawat dan salam. Redaksi penulisnya begini: وأصلي واسلم عى النور الموصوف بالتقدم والأولية (aku mengucapkan sholawat dan salam atas cahaya yang disifati qadim dan pertama). 


Dalam Kitab Madarijus Su'ud, syarah Al-Barzanji, sholawat itu maksudnya adalah untuk pemilik nur (صاحبُ النّور) yang paling pertama kali diciptakan oleh Allah Swt, sebelum semua makhluk ada. Baca: Ingin Hidup Mulia, Nikahilah Janda Kaya!


Demikian salah satu isi ceramah Ustadz Khoirur Rohim dalam rangkaian agenda Tahdzib Siroh Nabawiyah (TSN) Zona I sehari yang digelar oleh PC MDS Rijalul Ansor Kabupaten Jepara di Aula Pondok Pesantren Nailul Muna, Kalipucang Wetan, Welahan, Jepara, Ahad (29/10/2023) siang. 


Kepada 40an peserta tahdzib, Khoirul menegaskan bahwa umat Islam ahlussunnah wal jama'ah sudah tidak ragu lagi adanya nur Muhammad, tidak seperti golongan lain, "nisbat makhluk, nur Muhammad ialah yang pertama ada di dunia ini (أوّلُ مخلوقٍ بَرَز في العالَم)," ujar Khoirur, didampingi moderator Ustadz Faizin. 


Nur Muhammad itulah, lanjutnya, yang kemudian ditabiskan pertama kali di Nabi Adam as hingga ke orangtua Rasulullah Muhammad Saw, Sayyid Abdullah dan Sayyidah Aminah. Baca: Larangan Mengarang Silsilah Nabi Muhammad Hingga Nabi Ibrahim


Dalam sesi bertema "Peristiwa yang Terjadi Sebelum dan Sesudah Rasulullah Saw Lahir" tersebut, Khoirur juga menyinggung tentang kejadian penyerangan pasukan Gajah pimpinan Raja Abrahah. Menurutnya, kejadian monumental tersebut terjadi 50 hari sebelum Rasulullah Saw lahir. 


suasana program tahdzib siroh nabawiyah rijalul ansor jepara
Suasana pembukaan Tahdzib Siroh Nabawiyah Zona I, di Welahan, Jepara, Ahad, (29/10/2023) siang.


"Uniknya, ketika gajah-gajah itu diarahkan ke Ka'bah, mereka mandeg tak mau berjalan. Mereka mau berjalan ke selain Ka'bah. Barangkali cerita ini jarang diungkapkan oleh para penceramah," tutur Khoirur Rohim, alumnus Sarang yang juga menjabat sebagai Koordinator Bidang Wawasan Keaswajaan di PC MDS Rijalul Ansor Jepara tersebut.


Hampir satu jam Ustadz Khoirur Rohim menjelaskan kejadian sebelum dan sesudah Rasulullah Saw lahir. Selain cerita pasukan gajah, Sayyidah Aminah juga tidak mengalami sakit akibat hamil. 


Acara dilanjut dengan tanya jawab dengan peserta hingga berganti ke materi selanjutnya: "Silsilah, Alu Baitin Nabi Saw dan Dzurriyatnya" oleh Ustadz Miftahul Huda. [dutaislam.com/ab]


Iklan