Bacaan Sholawat Qobdloh Badawi Kubro dan Ijazah Amaliyahnya
Cari Berita

Advertisement

Bacaan Sholawat Qobdloh Badawi Kubro dan Ijazah Amaliyahnya

Senin, 15 Mei 2023
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
teks sholawat Qobdloh Badawiyah Kubro
Bacaan Sholawat Qobdloh Raisiyyah Badawiyah Kubro.


Dutaislam.com - Salah satu sholawat yang populer diamalkan kalangan santri di Indonesia adalah Sholawat Qobdloh (الْقَبْضَةِ). Dinamai demikian karena di dalam teks panjangnya ada kalimat Qobdloh


Syaikh Zaini Dahlan mengenal sholawat ini sebagai Sholawat Badawiyah Kubro yang pahalanya bisa menyamai membaca 10 kali Kitab Sholawat Dalailul Khoirot jika dibaca tiga kali. Disebut Badawiyah Kubro karena pengarangnya adalah Syaikh Sayyid Ahmad Badawi, seorang waliyullah besar berpengaruh yang lahir tahun 596 H di Fez, Maroko, dan wafat di usia 67 tahun pada Selasa, 12 Rabiul Awal tahun 675 H. 


Berikut teks lengkap Sholawat Qobdloh Badawiyah Kubro dimaksud, lengkap dengan ejaan Latin dan terjemah Indonesianya:


(صلوات القَبْضَة/البَدَوِيّة الكُبْرَى)

أَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَىٰ سَيِّدِنَا وَمَوْلٰاَنَا مُحَمَّدٍ، شَجَرَةِ الْأَصْلِ النُّوْرَانِيَّةِ، وَلَمْحَةِ الْقَبْضَةِ الرَّحْمَانِيَّةِ، وَأَفْضَلِ الْـخَلِيْقَةِ الْإِنْسَانِيَّةِ، وَأَشْرَقِ الصُّوْرَةِ الْـجِسْمَانِيَّةِ، وَمَعْدِنِ اْلأَسْرَارِ الرَّبَّانِيَّةِ، وَخَزَائِنِ الْعُلُوْمِ الْإِصْطِفَائِيَّةِ، صَاحِبِ الْقَبْضَةِ الْأَصْلِيَّةِ وَالْـبَـهْجَةِ السَّنِيَّةِ، وَالرُّتْبَةِ الْعَلِيَّةِ، مَنِ انْدَرَجَتِ النَّبِيُّوْنَ تَحْتَ لِوَائِهِ، فَهُمْ مِنْهُ وَ إِلَيْهِ. وَصَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَيْهِ وَعَلَى أۤلِهِ وَصَحْبِهِ، عَدَدَ مَاخَلَقْتَ وَرَزَقْتَ وَأَمَتَّ وَأَحْيَيْتَ إِلَى يَوْمٍ تَبْعَثُ مَنْ أَفْنَيْتَ،  وَسَلِّمْ  تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا، وَ اْلحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ


Baca Latin:

Allahumma Sholli wa Sallim wa Barik ala Sayyidina Muhammadin, syajarotil ashlin nuurooniyyah, wa lam'atil qobdlotir rohmaaniyyah, waa afdholil kholiqotil insaniyyah, wa asyroqish shurooti jismaniyyah, wa ma'dinil asrorir robbaniyyah, wa khoza'inil ulumil ishthifa'iyyah, shoohibil qobdlotil ashliyyah, wal bahjatis saniyyah, war rutbatil aliyyah, manin darojatin nabiyyuna tahta liwa'ihi, fahum minhu wa ilaihi. Wa sholli wa sallim wabarik alaihi, wa ala alihi wa shohbihi, adada ma kholaqta, wa rozaqta, wa amatta, wa ahyaita, ila yaumi tab'atsu man afnaita, wa sallim tasliman katsiro, walhamdulillahi robbal alamin.


Artinya:

Ya Allah limpahkanlah shalawat dan salam dan keberkahan pada junjungan dan pemimpin kami Nabi Muhammad SAW, pohon asal nuraniah, cahaya genggaman sang Rahman, insan paling utama, cahaya paling bersinar jasmani termulia, sumber rahasia Rabbani, gudang ilmu pilihan, keelokan yang luhur, derajat yang tinggi, insan yang para nabi lain tergabung dibawah panjinya. Mereka darinya, dan akan menuju padanya. Limpahkan sholawat dan salam dan keberkahan padanya, serta kepada keluarga dan para sahabatnya, sebanyak jumlah makhluk yang Engkau ciptakan, Engkau berikan rezeki, Engkau matikan dan Engkau hidupkan, sampai hari ketika Engkau bangkitkan mereka yang Engkau matikan sebelumnya. Limpahkanlah salam kesejahteraan kepadanya sebanyak-banyaknya. Dan segala puji hanya milik Allah, Tuhan sekalian Alam.`


Cara Mengamalkan Sholawat Qobdloh

Ada banyak kegunaan dalam melanggengkan Sholawat Qobdloh karya Wali Qutub Sayyid Ahmad Badawi tersebut. Antara lain:


  1. Membaca Sholawat Qobdloh tiga kali setelah Subuh dan Maghrib, pahalanya menyamai ganjaran membaca Kitab Dala'ilul Khoirot hingga khatam. Ini ijazah dari Habib Luthfi Bin Yahya Pekalongan. 
  2. Agar cita-cita dikabulkan oleh Allah Swt., puasalah untuk Sholawat Qobdloh ini selama tiga hari, Selasa, Rabu dan Kamis. Selama berpuasa, bacalah Sholawat Qobloh 21 kali setelah shalat Fardlu. Setelah berpuasa, rutinkan membaca sholawat tersebut sebanyak 7 kali setelah shalat Fardlu. InsyaAllah cita-cita luhur tercapai. 
  3. Barangsiapa yang istiqamah membaca Sholawat Qobloh Badawiyah Kubro selama 40 hari full, keajaiban Nur Allah Swt. akan datang. Kebaikan juga akan datang, dan yang hanya mengetahui kelayakan kebaikan itu hanya Allah Swt., sesuai ukuran pengamalnya. Selain itu, pengamal Sholawat Qobloh 40 hari rutin insyaAllah akan ditemui Rasulullah Saw. Setelah 40 hari istiqamah tirakat, sebisa mungkin tetap istiqamah membaca tujuh kali usai Maghrib dan Subuh. 
  4. Bila ada hajat khusus, Sholawat Qobloh ini bisa dibaca 100 kali selama tiga hari setelah Shalat Subuh, dimana saat mulai membaca hingga rampung, dia belum mengucapkan kata apapun kecuali Sholawat Qobloh. InsyaAllah qabul. Ini ijazah dari KH. Hanifun Nusuk, Pekalongan. 
  5. Bila dibaca tiga kali (3x) setelah Maghrib, rutin selama tiga hari, pengamal Sholawat Qobloh insyaAllah mendapatkan perlindungan Allah Swt. tidak akan mengalami ujian berat yang menghinakan dirinya, misalnya: diusir mertua, dipecat tidak hormat, atau turun jabatan. Ini ijazah dari KH. Kholil Bisri, Rembang.
  6. Untuk mempermudah hadapi masalah sulit terkait ekonomi, misalnya, kebelet menikah tapi biaya belum ada, bacalah Sholawat Qobloh ini sebanyak 500 kali sekali duduk, dan dalam kondisi berwudlu (suci hadats kecil dan besar). InsyaAllah solusi mudah datang. Ini ijazah dari KH. Kholil Bisri, Rembang. 
  7. Bila harta Anda hilang sebab dicuri atau dirampok, bacalah Sholawat Qobloh ini sebanyak 1.111 (seribu seratus sebelas) kali. Bila harta itu tidak segera dikembalikan, maka, perampok harta Anda akan mengalami petaka luar biasa. InsyaAllah. Amalan ini diijazahkan oleh KH. Ahmad Zainuri Rosyid, Kendal. 
  8. Bila ingin membeli rumah, tanah, sawah, mobil, bacalah Sholawat Qobloh 11 kali tiap-tiap selesai Shalat Fardlu. InsyaAllah Anda akan mendapatkan harga termurah dari target properti itu. Amalan ini juga diijazahkan oleh KH. Ahmad Zainuri Rosyid, Kendal. 
  9. Untuk amar makruf nahi munkar menghilangkan kelompok pembuat onar atau kumpulan maksiat, bacalah Sholawat Qobdloh sebanyak 1000 kali. Setelah itu, tiupkan ke sebotol air, dan siramkan air tersebut ke tempat yang biasanya digunakan anak-anak nakal kampung nongkrong menyia-nyiakan waktu. Amalan ini diijazahkan oleh KH. Ahmad Zainuri Rosyid, Kendal. 
  10. Untuk tangkal sihir, bacalah Sholawat Qobloh sebanyak 41 kali ke dalam air. Lalu, minumkan atau mandikan korban sihir dengan campuran air tersebut. InsyaAllah sembuh bi-idznillah


Adapun tawassul untuk amalan Sholawat Qobloh ini, Anda harus mendapatkan ijazah khusus. Jadi, bila ingin mengamalkan, carilah terlebih dulu guru pemilik ijazah Sholawat Qobloh ini. Bilapun tidak, bacalah Sholawat Qobloh sebagai wirid harian yang sangat baik untuk mendekatkan ruh Anda kepada Allah Swt. dan Rasulullah Saw. 


Demikian keterangan tentang Sholawat Qobloh Badawiyah Kubro, yang dikutip dari pelbagi sumber. [dutaislam.com/ab]


Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB