Iklan

Iklan

,

Iklan

Dzikir Malam Pertama Bulan Sya'ban (Membaca Awal Surat Ad-Dukhon)

21 Feb 2023, 10:08 WIB Ter-Updated 2023-02-21T12:37:12Z
surat ad-dukhon ayat 1-8
Surat Ad-Dukhon Ayat 1-8.


Dutaislam.com - Untuk mendapatkan keberkahan di Bulan Sya'ban, ada baiknya kita memulai sejak di awal bulan Sya'ban dengan memenuhi dzikir pada malam-malamnya sampai pada Nisfu Sya'ban (malam tanggal 14 qomariyah). 


Berikut adalah amalan sejak malam pertama tiap Bulan Sya'ban, yang diambil keterangannya dari Kitab Kanzun Najah was Surur halaman 65-66, karya Syaikh Hamid Al-Qudsy Al-Makki:


  1. Bacalah awal Surat Ad-Dukhon, ayat 1-8 (berakhir kalimat "awwalin")
  2. Mulai malam pertama hingga malam ke-14, bacalah 8 ayat Surat Ad-Dukhon sebanyak 15 kali. 
  3. Khusus pada malam ke-15, bacalah 8 ayat Surat Ad-Dukhon itu hingga 30 kali. 
  4. Setelah itu, sebutlah nama Allah Swt. (dzikir) dan membaca sholawat kepada Rasulullah Saw, misalnya, Anda membaca sholawat Kanzul Khofi sebanyak 15 kali atau Sholawat Wafaq sebanyak 33 kali.
  5. Berdoalah sesuai dengan keinginan Anda. 


Bila Anda mengamalkan wirid tersebut, insyaAllah Anda akan melihat keajaiban. Hajat mendesak segera terkabul dengan cara yang Allah Swt. kehendaki. Demikian yang tertulis dalam Kitab Kanzun Najah was Surur.  


Adapun Teks Surat Ad-Dhukhon yang dibaca, kami sediakan di bawah ini: 


سورة الدّخان: 1-8

حۤمۤ ﴿1﴾ وَالْكِـتَابِ الْمُبِيْنِ ﴿2﴾ إِنَّا أَنْزَلْنَــٰهُ فِي لَيْلَةٍ مُّبَــٰرَكَـةٍ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِيْنَ ﴿3﴾ فِيْـهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيْمٍ ﴿4﴾ أَمْرًا مِنْ عِنْدِنَاۤ إِنَّا كُنَّا مُرْسِلِيْنَ ﴿5﴾ رَحْمَةً مِنْ رَّبِّكَ إِنَّهُۥ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ ﴿6﴾ رَبِّ السَّمٰوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا إِنْ كُنْتُمْ مُوْقِنِيْنَ ﴿7﴾ لَا إِلَـٰهَ إِلَّا هُوَ يُحْيِيْۦ وَيُمِيْتُ رَبُّــكُمْ وَرَبُّ ءَابَائِــكُمُ الْأوَّلِيْنَ  


Artinya:

"Ha Mim. Demi Kitab (Al-Qur'an) yang menjelaskan, sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kamilah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi Kami. Sesungguhnya Kami adalah Yang mengutus rasul-rasul, sebagai rahmat dari Tuhanmu. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha mengetahui. Tuhan Yang memelihara langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya, jika kamu adalah orang yang meyakini. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang menghidupkan dan Yang mematikan. (Dialah) Tuhanmu dan Tuhan bapak-bapakmu yang terdahulu". (QS. Ad-Dukhon: 1-8). 


Demikian salah satu amalan dzikir penting di malam pertama Bulan Sya'ban, yang pada tahun 2023 ini jatuh pada Malam Rabu, 21 Februari 2023. [dutaislam.com/ab]


Iklan