Iklan

Iklan

,

Iklan

Bacaan Sholawat Bani Hasyim (Latin, Arab, Terjemah dan Manfaatnya)

6 Feb 2023, 02:27 WIB Ter-Updated 2023-02-05T19:27:55Z
sholawat hasyimi lengkap terjemah bacaan
Bacaan Sholawat Hasyimi.


Dutaislam.com - Sholawat Bvani Hasyim (Hasyimi) adalah bacaan sholawat kepada Rasulullah Saw. yang kontennya berisi pujian kepada Nabi sebagai keturunan bangsawan Bani Hasyim. 


Disebutkan, sholawat ini adalah andalan amaliyah sholawat Abah Sepuh Suryalaya (Syekh Abdullah Mubarok bin Nur Muhammad) yang didapatkan beliau dari Syaikhona Kholil Bangkalan Madura. Berikut bacaan sholawat Hasyimi dimaksud: 


اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى النَّبِىِّ الْهَاشِمِىِّ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا


Baca Latin: 

Allaahumma shalli 'alan-nabiyil Hasyimi Muhammad, wa 'ala alihi wa sallim tasliimaan.


Artinya: 

Ya Allah, berikanlah rahmat serta salam kepada seorang Nabi keturunan Bangsawan Hasyim, yakni Muhammad beserta keluarganya, semogalah tetap selamat dan sejahtera.


Menurut keterangan para ulama', sholawat ini memiliki manfaat, antara lain, sebagaimana diungkapkan dalam sebuah makalah di bawah ini:


وإن كنتَ في أمر ودِقْتَ بِحمله فأصبحَ في عسر وأمسيت في الحرج فصلّ على مختار الله الهاشمي كثيرا فإن الله ياتيك بالفرج


Artinya: 

"Bila kamu punya urusan yang berat ditanggung, di saat pagimu dalam kesulitan, dan soremu kebingungan, bacalah shalawat pilihan Bani Hasyim sebanyak-banyaknya, sesungguhnya Allah akan memberikan kepadamu kelapangan".


Selain itu, sholawat ini juga sangat bermanfaat untuk membantu seseorang yang kesulitan saat sakaratul maut. InsyaAllah, bi idznillah, mudah menjemput ajal. 


Demikian salah satu keistimewaan Sholawat Nabi Al-Hasyimi. [dutaislam.com/ab]


Iklan