Bacaan Sholawat Washilah Sayyid Salim bin Jundan
Cari Berita

Advertisement

Bacaan Sholawat Washilah Sayyid Salim bin Jundan

Jumat, 18 November 2022
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
bacaan sholawat washilah ahli badar dan ahli bait
Bacaan Shalawat Washilah dari Sayyid Salim Jindan.


Dutaislam.com - Sholawat ini disebut sebagai sholawat Washilah sebab ada banyak sosok yang dijadikan wasilah selain Rasulullah Saw. dalam 20 bait yang ditulis oleh Sayyid Salim bin Jundan. Namanya juga tertera jelas dalam shalat ini. 


Hampir mirip dengan Shalawat Badar karya KH. Ali Manshur Shiddiq yang sangat populer itu. Tapi isinya jelas beda. Jika Shalawat Badar hanya ber washilah kepada Rasululllah dan ahli Perang Badar saja, maka, dalam shalawat washilah ini, ada washilah kepada khulafaur rasyidin khusus dan juga para auliya, hukama', serta para ulama'. 


Berikut teks lengkap Shalawat Washilah yang dimaksud. 


(صلوة الوسيلة)

صَلاَةُ اللّٰهِ سَلاَمُ اللّٰهْ، عَلٰى طَهَ رَسُوْلِ اللّٰهْ. صَـلَاةُ اللهِ سَـلَامُ اللهِ، عَـلٰى يـٰسٓ رَسُوْلِ اللّٰهِ. تَوَ سَّـلْنَا بِـبِـسْـمِ اللهِ، وَبِالْـهَادِى رَسُـوْلِ اللهِ. وَكُلِّ عَارِفٍ بِاللّٰهْ، وَاَهْلِ اللّٰهِ يَا اَللّٰهْ. وَبِالصِّدِّيْقِ اَبِى بَكْرِ، كَذَا فَارُوْقِنَا عُمَرِ، كَذَا عُثْمَانَ ذِى النُّوْرِ، عَلِى الرِّضَا وَلِىِّ اللّٰهْ. وَبِالْحَسَنَيْنِ وَاُمِّهِمَا، وَاَنْجَالِهِمْ هُمُ الْعُلَمَاء. كَـذَا سَادَاتِنَا الْحُكَمَاء، رِجَالِ اللّٰهِ يَا اَللّٰهْ. بَنِى عَلْوِى شُمُوْسِ الْهُدٰى، شُيُوخِ الْوَرٰى نُجُومِ النَّدٰى. بِهِمْ نَسْلَمْ مِنْ كُلِّ اَذَى، بِقَدْرِ اللّٰهِ يَا اَللّٰهْ. فَكَمْ مِنْ زَمْبَلٍ مَقْبُوْرْ، مِنَ الْأَ قْطَابِ وَالْمَشْهُوْرْ. وَمَنْ نَادٰى بِهِمْ مَنْصُوْر، بِاِذْنِ اللّٰهِ يَا اَللّٰهْ. بِشَيْخِنَا عَلِى الْحَبَشِى، وَنَجْلِهِ الدَّاعِى الْمُنْشِى. وَمَنْ نَادٰى بِذِى الْعَرِشِ، شَيْءٌ لِلّٰهِ يَا اَللّٰهْ. يَاسَادَاتِى قَدْ زُرْنَاكُمْ، اَتَيْنَاكُمْ قَصَدْنَاكُمْ. وَمُنُّوْا لَنَا بِسِرِّكُـمْ، بِفَضْلِ اللّٰهِ يَا اَللّٰهْ. فَصَلِّ عَلٰى أَبِى الْقَاسِمْ وَاٰلِهِ بَنِىْ هَاشِمْ. وَعِتْرَتِهِ ذَوِى الْأَكَارِمْ وَأَصْحَابِهِ خَوَاصِّ اللّٰهْ. فَارْحَمْ عُبَيْدَكَ ذَا النَّاظِمْ، مِنَ الْجُـنْدَانِ سُمِّى سَالِمْ. لَمْ يَزَلْ فِى الْخَيْرِ الْقَائِمْ، بِأَمْـرِ اللّٰهِ يَا اَللّٰهْ


Baca Latin: 

Shalaatullaah salaamullaah, ‘alaa thaaha habiibillaah. Shalatullaah salaamullaah, ‘alaa yaasiiin rasuulillaah. Tawassalnaa bibismillaah, wa bilhaadi rasuulillaah. Wa kulli ‘aarifin billaah, wa ahlillaahi yaa Allaah. Wa bish shiddiiqi abii bakri, kadza faaruuqinaa ‘umari. Kadza ‘utsmaana dzin nuuri, ‘alir ridhaa waliyyillaah. Wa bil hasanaini wa ummihimaa, wa anja lihim humul ‘ulamaa. Kadza saadatinaal hukamaa, rijaalillaahi yaa Allaah. Banii ‘alwii syumuusil hudaa, syuyuukhil waraa nujuumin nadaa. Bihim naslam min kulli adzaa, bi qadrillaahi yaa Allaah. Fakam min zambalin maqbuur, minal aqthaabi wal masyhuur.


Wa man naa daa bihim manshuur, bi idznillaahi yaa Allaah. Bisyaikhinaa ‘alil habasyi, wa najlihid da’il munsyii. Wa man naa daa bidzil ‘arsyi, syai un lillaahi yaa Allaah. Yaa saadatii qad zurnaakum, atainaa kum qashad naakum. Wa munnuu lanaa bisirrikum, bifadhlillaahi yaa Allaah. Fashalli ‘alaa abil qaasim, wa aalihi banii haasyim. Wa’itratihi dzawil akaarim, wa ash habihi khawash shillaah. Farham ‘ubaidaka dzan nadhim, minal jundani summi saalim. Lam yazal fil khairil qaa im, bi amrillaahi yaa Allaah.


Artinya:

Rahmat dan keselamatan Allah semoga tetap tercurah untuk Nabi Thaaha kekasih Allah, rahmat dan keselamatan Allah semoga tetap atas Nabi Yaasin utusan Allah. Kami berwasilah dengan berkah Basmalah dan dengan Nabi yang menunjukan lagi utusan Allah, dan dengan semua orang yang berma’rifat kepada Allah, serta ahli Allah ya Allah.


Dan dengan orang yang sangat benar yaitu Abu Bakar, demikian pula kami berwasilah dengan sahabat Faruk kami yaitu Umar. Demikian pula dengan Ustman yang mempunyai nur, dan sahabat Ali Ridla (bin Abi Thalib) kekasih Allah.


Dan dengan sayyidina Hasan Husain serta ibunya, dan dengan seluruh putra mereka yaitu para alim ulama. Demikian juga kami berwasilah dengan penghulu kami para hukama, para pemuka agama Allah ya Allah.


Juga keturunan Sayyid Alwi yang merupakan matahari petunjuk, yaitu para guru semua makhluk bagaikan bintang-bintang kebaikan dan keutamaan. Dengan perantaraan mereka itu maka selamatlah kami dari segala yang menyakitkan, dengan takdir Tuhan ya Allah.


Maka tidak sedikit dinamakan Zanbal (Hadramaut) orang yang dikubur, yaitu orang-orang yang menjadi pusaka kaum dan orang yang masyhur. Adapun orang yang memohon dengan wasilah mereka, maka pasti akan ditolong dengan idzin Tuhan ya Allah.


Dengan berkah guru kami Sayyid Ali bin Abdurrahman al Habasyi, dan putranya yang menyeru kepada kebaikan sebagai orator. Dan dengan berkah orang yang memohon kepada Tuhan yang memiliki arasy yaitu suatu makhluk milik Allah ya Tuhan.


Wahai para pemimpinku, sungguh aku telah mengunjungi kau, kami datang kepadamu dan kami bermaksud kepadamu. Semoga engkau berkenan memberi kenikmatan dengan rahasiamu, dengan sebab keutamaan Tuhan ya Allah. Maka limpahkanlah rahmat Allah untuk Abil Qaim (Nabi Muhammad), para keluarganya, keturunan Sayid Hasyim dan putra-putra Nabi yang memiliki kemuliaan, beserta sahabat nabi pilihan Allah.


Maka sayangilah hamba-Mu yang membuat nadham ini, yaitu dari keturunan Jundan yang bernama Sayyid Salim bin Jundan. Semoga ia tak habis-habis dalam kebaikan, dan melaksanakan perintah Tuhan ya Allah.


Dari artinya saja, kita bisa mengetahui manfaat dan keutamaan shalawat ini, yakni bertawassul dalam banyak urusan yang melelahkan, dunia dan akhirat. [dutaislam.com/ab]


Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB