Kumpulan Wazan Bahar dalam Ilmu Arudh
Cari Berita

Advertisement

Kumpulan Wazan Bahar dalam Ilmu Arudh

Jumat, 28 Oktober 2022
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami


Dutaislam.com - Salah satu ilmu yang dipelajari di pesantren yang saat ini jarang diminati karena sulitnya menekuni adalah ilmu Arudl. Dalam ilmu yang khusus mengekaji irama syi'ir Arab ini, ada qafiyah yang harus diperhatikan jika ingin sesuai pakem normatif yang sudah lama berlaku di dunia Arab. 


Ada 16 bahar atau irama yang populer di kalangan para pengkaji sastra Arab, dan digunakan sejak zaman dulu, bahkan di zaman sebelum agama Islam berjaya. Masing-masing adalah Bahar Towil, Bahar Madid, Bahar Basith, Bahar Kami dan Bahar Wafir. 


Baca: Teks Sholawat Hubbul Ansor (Cinta Sahabat Ansor)


Selain itu, ada bahar lain yang sering digunakan untuk membuat syiir Arab. Yakni, Bahar Hazj, Bahar Rojaz, Bahar Romal, Bahar Syari', Bahar Munsyarih, Bahar Khofif, Bahar Mudhori', Bahar Muqtadhob, Bahar Mujtast, Bahar Mutaqorib dan Bahar Muhdats. 



Kiai Shofiyyudin Al-Hulli telah menulis masing-masing irama atau wazan 16 bahar dalam Ilmu Arudh tersebut dalam sebuah kumpulan syiir agar mudah dihafal. Berikut kami sajikan dalam bentuk tabel yang bisa Anda simpan untuk dihafalkan. 

kumpulan bahar ilmu arudh lengkap
Mafatih wazan Bahar Ilmu Arudh.


Demikian kumpulan Syiir Bahar Arudh yang disajikan oleh tim Duta Islam. Semoga bermanfaat untuk mengarang qashidah sholawat atau lainnya. [dutaislam.com/ab]


Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB