Makam Mbah Breo, Waliyullah di Rengging, Jepara
Cari Berita

Advertisement

Makam Mbah Breo, Waliyullah di Rengging, Jepara

Duta Islam #01
Sabtu, 21 Mei 2022
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
siapa mbah breo sesungguhnya
Makam Mbah Breo, Rengging, Jepara. Foto: dutaislam.com.


Dutaislam.com - Nama asli shohibul makam Brio adalah Abdullah. Ia seorang wali yang lahir di era kenabian Nabi Isa. Artinya, sebelum Rasulullah Saw lahir, beliau sudah hidup dengan usia sangat muda. 


Begitu mendengar kabar kelahiran Nabi Muhammad Saw, beliau termasuk orang yang langsung beriman kepada Rasulullah. Seperti Ratu Shima. Jadi, Mbah Breo termasuk waliyullah yang sangat sepuh. 


Baca: Mbah Senopati Mindahan, Duta Mataram Islam di Jepara


Perawakannya sangat tinggi dan besar sesuai ukuran di zamannya. Ibarat kayu, medelan kaki beliau sebesar gelang orang dewasa. Mungkin orang sekarang menyebutnya raksasa. Baca: Biografi Singkat Mbah H. Ali Shidiq, Rengging Pecangaan Jepara


Abdullah ini adalah wali keturunan Pakistan yang hidup saat Jawa belum banyak dihuni manusia. Makanya, murid-murid Abdullah kebanyakan dari kalangan demit dan jin muslim. Wajar bila makamnya wingit karena dipenuhi makhluk halus yang merupakan muridnya. 


Karena termasuk penyebar Islam ke makhluk bangsa jin di Jawa zaman awal Rasulullah Saw, ia dimuliakan Allah Swt sebagai kekasihnya. Jangan lupa, jin juga terkena taklif beriman, laiknya manusia. Hingga wafat, beliau tidak menikah karena sibuk mendakwahkan ajaran Rasulullah.  


Perlu diketahui, Breo bukanlah julukan Abdullah. Breo adalah nama pengawal setia Mbah Abdullah dari kalangan jin yang beriman kepada Allah wa RasulNya. [dutaislam.com/ab]


Terjemah Hikam Athaillah

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB