Tempat Bertemunya Malaikat Jibril dengan Nabi Muhammad SAW
Cari Berita

Advertisement

Tempat Bertemunya Malaikat Jibril dengan Nabi Muhammad SAW

Duta Islam #07
Sabtu, 10 April 2021
Download Ngaji Gus Baha

Buku Terjemah Fathur Rabbani Lengkap
tempat cakrawala ufuq
Tempat cakrawala. Foto: istimewa


Dutaislam.Com - Kata afaq (آفَاق) adalah jamak dari ufq (افق) utau ufuq (أُفُقِ). Kata ini disebut tiga kali di dalam Al-Qur'an, satu kali di dalam bentuk jamak, afaq (ٱلاافَاق), terdapat di dalam (QS. Fushshilat: 53), dan dua kali di dalam bentuk mufrad (tunggal), ufuq (أُفُق) masing-masing di dalam (QS. An-Najm: 7) dan (QS. At-Takwir: 23). 


Al-ufq (أُلْأُفُق) atau al-ufuq (أُلْأُفُق) berarti 'cakrawala' atau 'kaki langit'. Dapat juga diartikan sebagai 'daerah atau wilayah' atau 'arah angin berhembus', yaitu al-janub (angin selatan), asy-syimal (angin utara), ad-dabur (angin barat), dan ash-shaba (angin timur). Kata itu dapat pula merujuk pada 'ruang atau jarak yang ada di antara sisi sesuatu'.


Di dalam rangkaian afaq as-sama', kata itu berarti 'daerah atau kawasan yang paling jauh di langit' karena langit tidak lain dari batas pemandangan pada daerah yang paling jauh. Jadi, yang dimaksud dengan afaq (ٱلاافَاق) adalah batas pemandangan pada pertemuan diantara kaki langit dan permukaan bumi.


Kata afaq (آفَاق) dapat bersambung dengan kata al-ardh (penjuru bumi) untuk menunjukkan seluruh kawasan sampai pada titik terjauh dibumi atau yang dikenal dengan istilah penjuru bumi. 
Dari kata afiqa terbentuk ism fa'il, afiq (seorang yang mencapai kemuliaan). Disebut demikian karena orang tersebut memiliki prestasi tertinggi di dalam bidangnya sehingga ia mendapat kemuliaan.

Arti kata afaq (آفَاق) yang terdapat di dalam (QS. Fushshilat: 53) adalah 'wilayah yang ditaklukkan umat Islam'. Sementara itu, kata ufuq (أُفُقِ), di dalam (QS. An-Najm dan At-Takwir) berarti 'tempat malaikat Jibril bertemu dengan Nabi Muhammad saw.'  Pada QS. An-Najm disebutkan bahwa Malaikat Jibril mengajarkan Al-Qur'an kepada Nabi Muhammad saw, ketika Jibril berada pada al-ufuq al-a'la (ufuk tertinggi). 

Yang dimaksudkan dengan al-ufuq al- a'la' (ufuk tertinggi) adalah ufuk yang mengatasi seluruh ufuk dunia, yaitu malaikat. Ada juga yang mengartikannya sebagai bentuk asli dari malaikat Jibril yang tampak oleh Nabi Muhammad saw. ketika matahari terbit disebelah timur. Maksud al-ufuq pada (QS. At-Takwir) adalah al-ufuq al-a'la yang ditunjuk oleh (QS. An-Najm) itu.

Dengan demikian, maksud ufuq (أُفُقِ), pada dua tempat tersebut menyangkut dunia malaikat, apakah itu malaikat di dalam bentuk aslinya yang tampak pada alam lahiriah ataukah pada alam di luar alam lahiriah. [dutaislam.com/ka]

Sumber:
Ensiklopedia Al-Qur'an, Kajian Kosakata, Jilid: I, hlm: 56-57, A.Rahim Yunus  

Jual Kitab Kuning Pethuk

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB