Nurul Burhani (PDF) - Terjemah Manaqib Lujainud Dani Syaikh Abdul Qodir
Cari Berita

Advertisement

Nurul Burhani (PDF) - Terjemah Manaqib Lujainud Dani Syaikh Abdul Qodir

Kamis, 08 April 2021
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
download nurul burhani manaqib pdf kiai mushlih
Cover Nurul Burhani PDF.


Dutaislam.com - Nurul Burhani adalah kitab terjemah Manaqib Lujainud Dani yang berbahasa Jawa Pegon hasil karya sangat teliti dari KH. Mushlih bin Abdurrahman dari Mranggen, Demak, Jawa Tengah. 


Nurul Burhani (PDF) bukan hanya berisi terjemah saja, melainkan tahqiqat (catatan kaki) dari beberapa kitab khusus biografi Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani, seperti Qalaidul Jawahir dan Bahjatul Asror, dilengkapi dengan kitab-kitab biografi atau tarikh lainnya. 


Baca: Flashdisk Isi Ribuan Kitab PDF


Jadi, ketika membaca Kitab Nurul Burhani ini, kita akan disajikan data lain di luar kitab. Misalnya, Kiai Mushlih membuat catatan bantahan kalau pengarang Lujainud Dani, Sayyid Ja'far bin Hasan (w. 1184 H.), bukanlah seorang penganut Syi'ah, sebagai tuduhan yang dilancarkan oleh kelompok anti manaqib. 


Kiai Mushlih menyatakan, Sayyid Ja'far adalah ulama' brilian kelahiran Madinah dan merupakan penganut Islam ahlussunnah wal jama'ah yang di masanya, bukan Syi'ah. Beliau adalah mufti madhzab Syafi'iyyah selama 20 tahun di negerinya. (hlm: 8)


Di halaman 36, Kiai Mushlih juga menulis catatan atas alasan mengapa Syaikh Abdul Qadir Jilani mengikuti Madzhab Hambali, padahal, sejak kecil beliau penganut Madzhab Syafi'i. 


Penulis Nurul Burhani menjelaskan, alasan Ndoro Syaikh Abdul Qadir mengikuti madzhab Hambali adalah karena saat itu, madzhab tersebut jadi madzhab yang lemah, atau pengikutnya sedikit. Bila tanpa beliau, barangkali madzhab Hambali sudah hilang ditelan zaman. 


Cerita perpindahan madzhab tersebut juga dilengkapi kisah pertemuan Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani yang bertemu Rasulullah Saw. dalam sebuah mimpi, dimana saat itu Imam Ahmad bin Hambal berada di samping Rasulullah Saw. dan meminta supaya cucunya Abdul Qadir mengikuti madzhab Hambali. 


Baca: Download Full Ngaji MP3 Bersama Gus Baha'


Karena itulah, saat ziarah ke makam Imam Ahmad bin Hambal, Ndoro Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani diceritakan saling berpelukan dan mengucapkan terimakasih. Dalam mimpi, Imam Abu Hanifah sempat protes ke Syaikh Abdul Qadir Jailani. Tapi, setelah dijawab alasanya, Imam Abu Hanifah mengerti, dan menerima. 


Cerita-cerita lainnya sangat menarik Anda ikuti. Silakan download PDF Nurul Burhani dan Anda baca. Berikut identitas kitabnya: 


=======

Judul Kitab: Nurul Burhani fi Tarjamatil Lujainid Dani

Penulis: Abu Luthfil Hakim Mushlih bin Abdurrahman Al-Maroqi

Total Size: 31,5 MB

Tebal: 127 halaman

Penerbit: Thoha Putra, Semarang

Link Download: Nurul Burhani (PDF)

======= 


Bila ingin membaca kitab manaqib lainnya, silakan pilih: 


  1. Manaqib Jawahirul Ma'ani
  2. Manaqib Lujainud Dani (Makna Pesantren)
  3. Manaqib Lujainud Dani (Cet Lama)
  4. Manaqib Al-Karomah


Demikian resensi kitab Nurul Burhani secara ringkas. [dutaislam.com/ab]


Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB