Gus Baha': Abu Jahal Tidak Berhasil Membunuh Rasulullah Saw
Cari Berita

Advertisement

Gus Baha': Abu Jahal Tidak Berhasil Membunuh Rasulullah Saw

Duta Islam #01
Senin, 29 Maret 2021
Download Ngaji Gus Baha

Kitab Pegon Tambihun Nahdliyyin

kisah abu jahal yang membunuh rasulullah dan gagal
Strategi cerdik Abu Jahal membunuh Rasulullah. Foto: dutaislam.com.

Dutaislam.com - Abu Jahal adalah salah satu tokoh yang dijuluki oleh kaumnya sebagai Abul Hakam (bapak kebijaksanaan). Sebutan Abu Jahal muncul dari kalangan musuhnya, umat Islam. 


Menurut Gus Baha', salah satu bentuk kecerdikan Abu Jahal adalah rencana strategisnya membunuh Nabi Muhammad Saw. Demikian penjelasan Gus Baha' saat Ngaji Tafsir Jalalain Surat At-Taubah ayat 1-7, tahun 2009. (Download MP3 Gus Baha'). 


Baca: Kumpulan MP3 Gus Baha' Download Gratis


Awalnya, Abu Jahal ingin membunuh langsung Nabi Muhammad Saw. Tapi, karena saat itu ada hukum internasional yang berlaku bahwa diyat atau denda pembunuhan kepada anggota antar suku adalah 100 ekor unta, ia tidak bisa berbuat sewenang-wenang. 


Untuk keluar dari ancaman denda hukum tersebut, Abu Jahal membuat strategi cerdik. Yakni, ia mengumpulkan pemuda dari semua suku yang berkoalisi dengan suku Quraish. Pemuda inilah yang diperintah Abu Jahal untuk membunuh Nabi Muhammad Saw. 


Artinya, bila pembunuhan benar-benat terjadi, pelaku tidak bisa didenda karena hal itu dianggap sebagai suara perwakilan dari semua suku yang berkoalisi.


Baca: Gus Baha': Pemimpin Islam Pasti Sekuler dalam Berpolitik


Gus Baha' menyimpulkan, adanya strategi Abu Jahal ini adalah bukti bahwa sistem hukum saat itu sangat ditaati dan berlaku secara adil. Jadi, Arab Jahiliyah zaman itu memang sudah modern. Dan lebih modern daripada sekarang. 


Sekarang, Arab Saudi dianggap tidak modern seperti dulu karena standar akidah saja harus wahabi. Sahabat Gus Baha' yang membaca Kitab Syawariqul Anwar karangan Sayyid Muhammad Al-Maliki saja disyahadatkan kembali di imigrasi, karena dianggap murtad. Haha. 


"NU di Makkah bisa dimuallafkan," terang Gus Baha', disambut tawa. [dutaislam.com/ab]


Jual Kitab Kuning Pethuk

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB