Perbedaan Ulama Tentang Gelar Rasul (Ulul Azmi)
Cari Berita

Advertisement

Perbedaan Ulama Tentang Gelar Rasul (Ulul Azmi)

Duta Islam #07
Sabtu, 06 Februari 2021
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
perbedaan ulama tentang gelar rasul ulul azmi
Gelar ulul azmi. Foto: istimewa

Dutaislam.Com -
Mengenai siapa-siapa di antara rasul-rasul Allah yang termasuk kategori ulul-'azmi terdapat perbedaan pendapat ulama. Menurut Ibnu Zaid yang diikuti oleh Imam Fakhrur Razi, semua rasul Allah adalah ulul-'azmi. Allah swt. tidak pernah mengangkat seseorang menjadi rasul kecuali pada diri orang tersebut terdapat kebesaran, kemuliaan, serta pemikiran yang sempurna. 


Pendapat lain mengatakan ulul-'azmi adalah Muhammad saw. dan para rasul Allah yang namanya disebut di dalam QS. Al-An'am [6], yaitu Ishaq as., Ya'qub as., Nuh as., Daud as., Sulaiman as., Ayyub as., Yusuf as., Musa as., Harun as., Zakaria as., Yahya as., Isa as., Ilyas as., Ismail as., Ilyasa'as., Yunus as., dan Luth as. Hal ini berdasarkan ungkapan dan pernyataan yang terdapat pada (QS. Al-An'am: 90), " Mereka itulah orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah swt.; maka, ikutilah petunjuk mereka. Katakanlah, 'Aku tidak minta upah kepadamu di dalam menyampaikan [Al-Qur'an]". Al-Qur'an itu tidak lain hanyalah peringatan untuk segala umat".

Menurut Al-Kalbi, para rasul ulul-azmi ada enam orang yaitu Nuh as., Hud as., Shalih as., Luth as., Syu'aib as., dan Musa as. Mereka dikatakan ulul-'azmi karena kisah mereka disebutkan secara berurutan di dalam (QS. Asy-Syu'ara': 26) dan (QS. Al-A'raf: 7). Menurut Muqatil rasul ulul-'azmi ada enam. Mereka adalah Nuh as. karena beliau sabar atas siksaan yang dilancarkan oleh kaumnya; Ibrahim as. karena sabar menghadapi Namrud, penguasa pada masanya yang membuat api untuk membakarnya; Ishaq as. karena sabar menerima putusan akan disembelih; Ya'qub as. karena sabar ketika kehilangan putranya, Yusuf as. dan kehilangan penglihatannya (buta);. Yusuf as. karena sabar ketika ia dibuang oleh saudara-saudaranya ke dalam sumur dan mendekam di dalam penjara; Ayyub as. karena sabar atas penyakit yang menyerangnya.

Pendapat di atas menyebut Ishaq sebagi nabi yang disembelih. Pendapat ini lemah karena sekian banyak argumentasi membuktikan bahwa putra Nabi Ibrahim yang disembelih adalah Ismail, bukan Ishaq.

Menurut pendapat Ibnu Abbas dan Qatadah para rasul yang tergolong ulul-'azmi adalah Nuh as., Ibrahim as., Musa as., Isa as., dan Muhammad saw. Nama mereka secara khusus disebutkan Allah swt. di dalam (QS. Al-Ahzab: 7). [dutaislam.com/ka]

Sumber:
Ensiklopedia Al-Qur'an, Kajian Kosakata, Jilid: I, hlm: 38-39, ditulis Cholidi
Jual Kitab Kuning Pethuk

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB