Makam Mbah Resiah; Cikal Bakal Desa Tengguli, Bangsri
Cari Berita

Advertisement

Makam Mbah Resiah; Cikal Bakal Desa Tengguli, Bangsri

Duta Islam #01
Senin, 11 Januari 2021
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
makam mbah resiah tengguli bangsri jepara
Makam Mbah Resiah, Tengguli, Bangsri. Foto: dutaislam.com.


Dutaislam.com - Makam Mbah Resiah berada tepat di bawah pohon besar persis di samping aliran sungai sawah Tengguli, Rt. 02 Rw. 04, Kec. Bangsri, Kab. Jepara. Orang-orang Tengguli menyebut Mbah Resiah sebagai bibit kawit atau cikal bakal desa setempat.  


Mbah Resiah disebut-sebut sebagai orang yang pertama kali dimakamkan di area makam umum itu. Makamnya berada sekitar 30an meter di sebelah Makam Syaikh Hasan Anwar Tengguli. Saat Tim Pemburu Makam berziarah ke sana pada Sabtu, 10 Januari 2021, makam Mbah Resiah masih terlihat apa adanya. 


Baca: Mbah Senopati Mindahan, Duta Mataram Islam di Jepara


Konon, makam tersebut sebetulnya adalah tanda lokasi awal dimakamkannya Mbah Resiah sebelum keli (terhanyut) oleh sebuah banjir. Meski begitu, orang-orang Tengguli masih tawassulan ke Mbah Resiah ketika mereka akan menggelar hajatan besar seperti nikahan atau membangun rumah. 


Ya. Tiada lain karena beliau masih disebut sebagai cikal bakal atau bibit kawit Desa Tengguli yang di masa hidupnya dikenal sebagai tokoh yang memiliki kesaktian laiknya pemimpin di masa dahulu. [dutaislam.com/ab]


Jual Kitab Kuning Pethuk

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB