Ditemukannya Makam Mbah Hasan Anwar Tengguli, Bangsri
Cari Berita

Advertisement

Ditemukannya Makam Mbah Hasan Anwar Tengguli, Bangsri

Duta Islam #01
Senin, 11 Januari 2021
Download Ngaji Gus Baha

Buku Terjemah Fathur Rabbani Lengkap

makam mbah hasan anwar tengguli bangsri
Makam Syaikh Hasan Anwar Tengguli, Bangsri. Foto: dutaislam.com.

Dutaislam.com - Hasan Anwar adalah nama sebuah makam di Desa Tengguli Rt. 02 Rw. 04, Kec. Bangsri, Kab. Jepara, yang besebelahan dengan makam Mbah Resiah (Danyang desa setempat). Dulu, warga Tengguli hanya mengenal makam yang ada di samping kompleks pemakaman umum itu dengan sebutan makam Mbah Wali. 


Saat tim Pemburu Makam ziarah ke sana pada Sabtu, 10 Januari 2021, bangunan makam sudah relatif baik. Menurut keterangan Ali Nasrun, warga sekitar makam, bangunan dipugar massal sejak dua tahun terakhir. 


Baca: Kisah Maulana Mangun Sejati (Bugel, Jepara) Melawan 10 Perampok


Sejarah ditemukannya makam Mbah Hasan Anwar dimulai dari seorang petani yang saat membajak (Jawa: mluku) sawahnya, sapi yang dia gunakan selalu meloncat-loncat (kicat-kicat) ketika proses membajaknya melewati sepetak tanah yang sekarang adalah bangunan makam. 


Tanaman sawah yang ditanam di area makam itu juga tidak berhasil tumbuh dan berbuah. Kabar pertama kali kalau di lokasi tersebut ada makam wali didengar oleh warga dari seorang habib pada awal tahun 1960an. Nama habib tersebut tidak terkonfirmasi. 


Habib itulah yang memberi nama Hasan Anwar, yang kemudian dipopulerkan oleh petinggi bernama Mbah Darwin. Tentang siapa Mbah Hasan Anwar, hingga kini belum ada keterangan jelas meski sudah disowankan ke beberapa ulama', seperti Mbah Shobib (Menganti), Habib Luthfi (Pekalongan), Kiai Abdul Hadi, Kiai Afif (Klumosari), dll. 


Baca: Biografi Singkat Mbah H. Ali Shidiq, Rengging Pecangaan Jepara


Kiai Afif lah yang membolehkan masyarakat untuk membuat acara haul Mbah Hasan Anwar setiap bulan Suro (Muharram). Kini, banyak warga luar kota yang ziarah ke sana, misalnya dari Magelang, Kebumen, dan lain-lain. 


"Tidak gampang untuk menemukan makam Mbah Hasan. Tapi kalau benar makam beliau di Bangsri, kalau ziarah saya harus ngesot," demikian kata Mbah Shobib saat disowani oleh beberapa warga yang mengurus makam suatu kali. [dutaislam.com/ab]


Jual Kitab Kuning Pethuk

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB