Setelah Mandi Wajib Apakah Harus Wudhu Lagi? Download PDF Ebooknya
Cari Berita

Advertisement

Setelah Mandi Wajib Apakah Harus Wudhu Lagi? Download PDF Ebooknya

Duta Islam #02
Selasa, 01 September 2020
Jual Kaos Gus Baha

hukum wudlu setelah mandi wajib junub
Buku Sudah Mandi Wajib Harukah Wudlu Lagi? Foto: dutaislam.com.

Dutaislam.Com - Wudlu setelah mandi junub atau hukum wudlu setelah mandi wajib menjadi pertanyaan yang sering ditanyakan. Apakah shalat tanpa wudlu setelah mandi wajib menjadi sah? Setelah mandi wajib apakah harus wudlu lagi? Buku Sudah Mandi Wajib Harukah Wudhu Lagi? karya M Saiyid Mahadhir, Lc., M.Ag menjawab persoalan itu.

Perihal kesucian adalah hal penting yang harus dijaga oleh umat Islam. Begitu pentingnya hingga para ulama banyak melakukan ijtihad yang hasilnya banyak tertuang dalam kitab fiqih. Dalam fiqih, masalah kesucian tidaklah sama dengan bersih.

Baca: Ribuan File Kitab Kuning dalam Flashdisk

Bersuci adalah bagian dari ritual yang kadang tidak bisa dilogika, atau dalam bahasa fiqih ghair ma’qulah al-makna. Tata cara bersuci pun dibedakan berdasarkan hadats yang ditanggung sehingga perlu sekali kehati-hatian dalam menjalankannya.

Termasuk salah satu macam bersuci yaitu mandi wajib, ia memiliki sebab-sebab tersendiri yang mengharuskan untuk mandi wajib. Sebab ini tentu berbeda dengan sebab-sebab yang mengharuskan untuk berwudlu. Tata cara yang digunakan pun berbeda-beda.

Lantas, apakah kita perlu melakukan wudlu setelah mandi wajib? Pasti kebanyakan dari kita bingung, bimbang dan ragu dalam hal ini. Terkait persoalan ini, buku kecil karya Sayidir Mahadir mampu menjawab kebimbangan dan keraguan yang kita alami. Tidak hanya itu, buku setebal 29 halaman ini mengulas dengan rinci persoalan mandi wajib mulai dari pengertian, dalil, sebab hingga tata caranya.

=====
Judul : Sudah Mandi Wajib Harukah Wudhu Lagi?
Penulis : M Saiyid Mahadhir, Lc., M.Ag.
Penerbit  : Rumah Fiqih Publlishing
Tebal : 29 Halaman
Tahun : 2018
Link Download PDF: Buku Sudah Mandi Wajib Harukah Wudhu Lagi? pdf
=====

Terkait dengan pendapat wudlu setelah mandi wajib, setidaknya dalam buku ini terangkum empat pendapat.

Pertama, pendapat pertama datang dari kalangan ulama Madzhab Syafi’iyah, bahwa ketika seseorang sedang junub lalu dalam waktu yang bersamaan dia juga sedang berhadats kecil, maka dalam hal ini tidak butuh wudlu lagi setelah mandi. Artinya, cukup dengan mandi telah menghilangkan hadtas besar dan kecil sekligus.

Hal ini dikuatkan dengan hadits Rasulullah SAW:

Dari Aisyah, dia berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mandi, lalu shalat dua rakaat dan saya tidak melihat belia berwudlu lagi setelah mandi” (HR. Abu Daud)

Kedua, pendapat kedua mengharuskan wudlu meskipun telah mandi wajib. Hal ini dikarenakan ada kemungkinan anggota wudlu belum tersentuh oleh air. Sehingga dapat dipastikan anggota wudlu terkena air minimal dua kali. Pendapat ini membolehkan, baik wudlunya di awal maupun di akhir.

Baca: Jual Buku Ratusan Judul Siap Kirim 

Ketiga, pendapat ketiga hampir sama dengan pendapat kedua. Hanya saja hal yang membedakan terletak pada jumlah minimal terkena air. Pendapat ketiga tidak mengharuskan terkena dua kali, cukup sekali saja di saat berwudlu.

Keempat, pendapat keempat hampir sama dengan pendapat pertama yaitu cukup hanya dengan mandi wajib saja. Meratakan air ke seluruh tubuh walaupun tanpa wudlu, asalkan dengan niat sekaligus; yaitu niat mandi dan niat wudlu.

Itulah sekilas soal wudlu dan mandi wajib. Jika tetarik untuk mempelajarinya lebih dalam, Anda bisa download link buku PDF karya M Saiyid Mahadhir via link di atas. [dutaislam.com/dera/gg]

Jual Kitab Kuning Pethuk
close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB