Lomba Menulis Resensi Kitab Kuning Periode II (2020) Berhadiah Total Rp. 10 Juta
Cari Berita

Advertisement

Lomba Menulis Resensi Kitab Kuning Periode II (2020) Berhadiah Total Rp. 10 Juta

Duta Islam #01
Minggu, 23 Agustus 2020
Jual Kaos Gus Baha

kompetisi lomba menulis resensi kitab kuning fiqih dan tauhid
Pengumuman Lomba Menulis Resensi Kitab Kuning Periode II (2020). Foto: dutaislam.com.

Dutaislam.com - Dalam rangka Harlah Universitas Nahdlatul Ulama' (Unisnu) Jepara tahun 2020, Duta Islam digandeng untuk menyelenggarakan Lomba Menulis Resensi Kitab Kuning Periode II (23 Agustus - 30 September 2020) dengan total hadiah yang disiapkan Rp. 10 juta.

Baca: Daftar Naskah yang Sudah Dimuat Resensinya

Syarat-Syarat:
  1. Tulis review kitab kuning antara 1000 - 1500 kata, dalam artikel populer Berbahasa Indonesia. Jangan terlalu panjang seperti Jurnal Ilmiah. Risiko tinggi terkena penalti naskah dewan juri. 
  2. Harus ditulis dan diketik pakai Word atau Notepad (disarankan) saat dikirim. Jangan ditulis tangan. Jangan lupa sertakan cover kitab beserta identitasnya lengkap. Identitas apa saja? Baca: Cara Mencari Identitas Kitab Kuning yang Diresensi
  3. Harus original. Haram plagiat karya orang lain. Sebelum diserahkan ke juri, panitia sudah mendeteksi dengan tool anti plagiarisme. Lomba resensi periode pertama banyak yang dipenalti naskahnya oleh panitia karena terbukti plagiat. 
  4. Boleh mengirimkan lebih dari satu naskah judul, dan jika layak muat, akan dimuat semua. Tetapi, misalnya naskah yang Anda kirim ada 3 judul, lalu lolos dalam 200 nominasi, dan menang semua, maka, juri hanya mengambil salah satu judulnya saja agar adil. Honor hasil muat tetap dikirimkan oleh panitia. (Baca poin ke-7).
  5. Judul kitab yang diresensi, bisa Anda periksa detail naskah PDF-nya di daftar berikut ini: Daftar Ratusan Judul Kitab Kuning yang Bisa Diresensi. Tidak diperbolehkan meresensi kitab kuning yang tidak ada dalam daftar. Tidak dipekenankan pula menggunakan terbitan kitab lain di luar yang sudah terdaftar judulnya. Kiriman naskah resensi kitab yang tidak direkomendasikan panitia, tidak akan dinilai. Bila layak muat, Redaksi Duta Islam berhak memuatnya, tapi naskah tidak akan dimasukkan dalam 200 nominator peserta yang naskahnya dinilai dewan juri.  
  6. Kirim tulisan Anda ke email: naskahlomba@gmail.com, dengan format pesan: Resensi Kitab - Judul Kitab - Nama Anda - Kota Asal. Jangan lupa sertakan Scan KTP, alamat lengkap beserta kodepos dan nomor hape (untuk pengiriman pulsa jika dimuat). 
  7. Maksimal 200 naskah lomba resensi yang layak publish akan dimuat di situs dutaislam.com (tentu setelah melewati editing redaksi secukupnya), dengan honor per judulnya Rp. 20.000 dalam bentuk pulsa atau lainnya (disesuaikan). Bila ada 10 judul yang dimuat, panitia bisa mentransfer senilai Rp. 200.000. 
  8. Untuk update informasi naskah yang terpantau masuk nominasi dan tanya-tanya lainnya, lebih cepat respon, silakan gabung ke Grup Telegram: Resensi Kitab (Info Resensi Periode III insyaAllah akan diumumkan di grup Telegram). 

Deadline:
Naskah diterima paling lambat pada Hari Rabu (Wage), 30 September 2020 pukul 15.00 WIB. Lebih dari satu menit, panitia berhak mendiskualifikasi. Daftar 250 kitab kuning PDF yang bisa Anda resensi, silakan baca: Naskah Kitab Kuning yang Dilombakan Resensinya


Ketentuan:
  1. Lomba ini berlaku untuk semua WNI di seluruh dunia, tanpa batasan umur dan profesi. Tidak khusus bagi santri dan mahasiswa saja.  
  2. Hasil lomba resensi kitab periode kedua ini akan diumumkan pada Sabtu Wage sore, 10 Oktober 2020, sekitar pukul 14.00 WIB di sini: Pengumuman Lomba Menulis Resensi Kitab 2020. (Hanya contoh periode I)
  3. Keputusan hasil lomba tidak bisa digugat. Juri naskah adalah tim redaktur Duta Islam. Cek nama-namanya, DISINI

Hadiah-Hadiah
Juara I:

Juara II:

Juara III:

Juri Lomba:
  1. Abdul Wahab Saleem, S.Sos.I, M.S.I (Dosen Unisnu Jepara)
  2. M. Fatkhur Rohman, M.Pd.I (Dosen Unisnu Jepara)
  3. M. Nasrul Haqqi, M.Hum (Dosen Unisnu Jepara)
  4. M. Abdullah Badri (khusus seleksi naskah - Duta Islam)

Total hadiah yang siap menanti adalah Rp. 10.000.000 lebih.

Bila masih ada pertanyaan, silakan layangkan ke grup Telegram (LINK). Segera ambil kesempatan ini karena ini adalah kesempatan langka. Bila ingin belajar bagaimana cara menulis resensi yang baik, baca: Cara Menulis Resensi Kitab Kuning yang Baik dan Berkualitas.

Menulis resensi kitab kuning dengan kesempatan nama penulisnya tayang di Duta Islam adalah kesempatan mahal. [dutaislam.com/ab]

Jual Kitab Kuning Pethuk
close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB