Mengenal 33 Macam Jenis Shalat Sunnah (Ebook Fiqih PDF Download)
Cari Berita

Advertisement

Mengenal 33 Macam Jenis Shalat Sunnah (Ebook Fiqih PDF Download)

Duta Islam #02
Senin, 13 Juli 2020

Buku 33 Macam Jenis Shalat Sunnah

DutaIslam.Com - Bagi umat Islam shalat sunnah merupakan suatu ibadah yang pernah atau sering dilakukan. Setidaknya setiap tahun hampir semua umat Islam melaksanakan shalat sunnah tarawih dan idul fitri. Namun, tahukah Anda berapa banyak sesungguhnya jumlah shalat sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Saw?

Buku 33 Macam Jenis Shalat Sunnah karya Muhammad Ajib, Lc. MA. secara gamblang menyatakan bahwa jumlah shalat sunnah adalah sebanyak tiga puluh tiga jenis. Jumlah ini sebenarnya bisa saja lebih banyak, namun sejauh yang dapat mereka himpun, 33 macam ini sudah cukup mewakili betapa banyak macamnya shalat sunnah.

Ke-33 shalat sunnah yang ada dalam buku tersebut di antaranya yaitu: rawatib, sunnah wudhu, tahiyyatul masjid, tahajjud, tarawih, witir, dhuha, isyroq (syuruq), awwabin, tasbih, hajat, taubat, istikharah, ied, istisqa’, gerhana, mutlaq, raghaib, dan nisfu sya’ban.

Kemudian ada juga shalat sunnah sebelum akad nikah, zafaaf, safar, masuk/keluar rumah, keluar dari hammam, singgah di suatu tempat, ketika menghafal al-Qur;an, zawwal, ihram, thawaf, setelah keluar dari ka’bah, sebelum keluar dari masjid Nabawi, syukur setelah istisqa’, dan shalat sunnah qatl.

=====
Judul buku : 33 Macam Jenis Shalat Sunnah
Penulis : Muhammad Ajib, Lc., MA.
Penerbit : Rumah Fiqih Publishing
Tebal : 211 Hlm
Tahun : 2020
Link Download: Buku 33 Macam Jenis Shalat Sunnah
======

Selain memaparkan berbagai sumber hukum dan dalil dari macam-macam shalat sunnah tersebut, Muhammad Ajib juga tak lupa mencantumkan berapa rakaat dan kapan pelaksanaan dari masing-masing shalat sunnah tersebut.

Seperti ketika menjelaskan shalat sunnah rawatib, ia menjelaskan kapan waktu yang tepat untuk melaksanakan shalat ini. Ia juga menjelaskan bagaimana ketika kita ingin melaksanakan shalat sunnah qobliyah namun terburu dengan jamaah shalat wajib. Ternyata kita masih dapat melaksanakannya secara qadha setelah shalat fardhu.

Sebagian dari macam-macam shalat sunnah tersebut barang kali telah kita ketahui dan laksanakan, seperti shalat rawatib, tarawih, dan witir. Namun beberapa yang lainnya justru seperti baru mengetahuinya, misalnya shalat sunnah sebelum akad nikah.

Kesunnahan mengerjakan shalat sunnah sebelum akad ini hanya dianjurkan bagi mempelai pria dan wali dari mempelai wanita saja. Maka calon mempelai wanita dan wali dari mempelai pria tidak perlu melakukan shalat ini. (hlm. 175)

Selain shalat sunnah sebelum akad, ternyata ada juga shalat sunnah bagi pengantin baru sebelum jima’ pada malam pertama. Nama jenis shalat sunnah yang satu ini adalah shalat sunnah zafaaf.

Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Imam ar-Ramli rahimahullah, seorang ulama besar mazhab Syafi’iy yaitu: Bagi laki-laki yang baru menikah disunnahkan baginya untuk shalat 2 rakaat sebelum jima’. Begitu juga istrinya. (hlm. 178).

Karena itulah buku ini penting untuk Anda pelajari karena akan menambah pengetahuan mengenai macam-macam shalat sunnah. Dengan mengetahuinya, diharapkan kita pun dapat mengamalkan ibadah shalat sunnah ini sehingga kita mendapatkan keutamaan dan pahala darinya. Untuk itu Anda bisa langsung mendownload buku 33 Macam Jenis Shalat Sunnah pdf melalui link yang telah kami sediakan. [dutaislam.com/umi/gg]

Jual Kitab Kuning Pethuk
close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB