Jawaban Teka-Teki Fiqih (PDF Ebook Download)
Cari Berita

Advertisement

Jawaban Teka-Teki Fiqih (PDF Ebook Download)

Duta Islam #02
Kamis, 30 Juli 2020


Buku Teka Teki Fiqih
Buku Teka Teki Fiqih

DutaIslam.Com - Pernahkah Anda bermain tebak-tebakan atau teka-teki? Jika pernah, mengenai apakah teka-teki itu? Sebagian besar dari kita barangkali pernah mendapatkan teka-teki, namun saya kira masih jarang yang membahas masalah fiqih.

Buku Al-Alghaz Al-Fiqhiyyah (Teka-Teki Fiqih) yang ditulis oleh Syafri Muhammad Noor, Lc ini memberikan inspirasi menarik terkait teka-teki yang mengandung pengetahuan fiqih. 

Sebenarnya apa sih al-Alghaz al-Fiqhiyyah? Dr. Abdul Haq Humaisy yang dikutip oleh buku ini mendefinisikan Al-Alghaz Al-Fiqhiyyah adalah persoalan-persoalan fiqih yang dirahasiakan status hukumnya untuk tujuan uji pikiran.

Setelah menjelaskan pengertian di bab awal, penulis buku ini kemudian mengulas tentang adanya penamaan lain untuk istilah teka-teki, seperti al-Mu’ayah, al-Mu’amma, al-Ahajiy, dan al-Mughaalathat al-Ma’nawiyah.

Setelah itu penulis menjelaskan tentang sejarah perkembangan trend ini yang ternyata pernah dilakukan oleh Nabi Saw dengan beberapa sahabatnya. Hadits tersebut memberikan beberapa faidah yang luar biasa bagi kita.

=====
Judul Buku : Al-Alghaz al-Fiqhiyyah (Teka-Teki Fiqih)
Penulis : Syafri Muhammad Noor, Lc
Penerbit : Rumah Fiqih Publishing
Tebal : 42 Hlm
Tahun : 2020
=====

Salah satu faidah tersebut yaitu dapat mengasah pemahaman dan kemampuan berpikir. Imam Badruddin al-’Aini (w. 855 H) ketika mensyarah kitab Shahih Bukhari menyatakan, bahwa seorang guru itu dianjurkan untuk melontarkan teka-teki kepada muridnya untuk mengukur seberapa dalam pemahaman muridnya tersebut. (hlm. 15)

Syafri juga menuliskan beberapa syarat dalam memberikan teka-teki fiqih. Syarat itu di antaranya yaitu harus ada landasannya, berkaitan dengan kasus realita, tidak boleh ke sembarang orang, tidak berlebihan, disebutkan indikatornya, dijelaskan jawabannya, dan bukan untuk pamer.

Jika Anda penasaran dengan apa saja topik yang pernah dibahas para ulama dalam al-Alghaz al-Fiqhiyyah Anda dapat menelusurinya langsung ke kitab karangan mereka. Jangan khawatir, Syafri juga memberikan daftar karya para ulama tentang al-Alghaz al-Fiqhiyyah.

Penjelasan mengenai kitab-kitab tersebut ditulis oleh Syafri ke dalam dua perbedaan, yaitu yang ditulis dalam kitab khusus atau dalam satu bab khusus. Anda dapat menemukan pembahasan tentang ini di halaman 33 buku al-Alghaz al-Fiqhiyyah (Teka-Teki Fiqih).

Dan jika Anda ingin membuat soal teka-teki fiqih tapi tidak tahu mau membahas apa, tenang, buku ini juga mencantumkan beberapa teka-teki fiqih yang bisa Anda jadikan bahan maupun inspirasi untuk melontarkan teka-teki. Tentu saja tidak lupa penulis mencantumkan jawaban teka-teki fiqih tersebut.

Nah, untuk itu silahkan Anda baca sendiri buku kecil ini dengan cara membelinya atau mengunduh versi PDF yang kami sediakan. Dengan mengenal ilmu teka-teki fiqih ini diharapkan akan memperkaya cara kita berhumor namun tetap mengandung faidah ilmu pengetahuan. [dutaislam.com/umi/gg]

Jual Kitab Kuning Pethuk
close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB