Membumikan Sanad Hadist (PDF) Kitab Arba'una Haditsan Min Arba'ina Kitaban An Arba'ina Syaikhon
Cari Berita

Advertisement

Membumikan Sanad Hadist (PDF) Kitab Arba'una Haditsan Min Arba'ina Kitaban An Arba'ina Syaikhon

Duta Islam #01
Kamis, 14 Mei 2020

download kitab hadits arbain hadisan an arbain kitaban syaikh yasin padang
Cover Kitab Arba'una Haditsan an Arbaina Kitaban Syaikh Yasin. Foto: dutaislam.com.

Oleh Khamid, S.Pd

Dutaislam.com - Zaman ini minim sekali orang yang menggeluti ilmu-ilmu hadits yang cakupannya sangat luas itu. Tingkatan hadits yang sangat kompleks dan tidak semua orang paham terhadap hal tersebut, memerlukan kajian mendalam dan sungguh-sungguh untuk bisa memahami hadits-hadits tersebut, terutama terhadap sebuah hadits yang bisa dijadikan sebagai acuan hukum.

Kitab Al-Arba’una Haditsan Min Arba’ina Kitaban An Arba'ina Syaikhon (PDF) merupakan karya menumental ulama' asli Indonesia yang telah menetap lama di Makkah, Arab Saudi, dan belajar memperdalam ilmu hadits. Beliau adalah Syaikh Abu al-Faidl Muhammad Yasin bin Isa al- Fadani al-Makki, berdarah Padang, Sumatra Barat, yang namanya dan sangat berjasa besar dan bernilai dalam khazanah kitab arba'inat.

Syaikh Yasin Padang mendapat julukan Musnid Ad-Dunya (pakar sanad dunia) lantaran penguasaannya terhadap ilmu hadits, baik riwayat ataupun dirayat. Di antara peninggalan berharga ulama terkemuka itu adalah kitab yang bertajuk al-Arba'in Haditsan min Arba'ina Kitaban An Arba'ina Syaikhan ini. Baca: Flashdisk Kitab Kuning PDF Ribuan Judul Jutaan Halaman.

Kitab tersebut sangat ringkas. Di dalamnya terdapat kumpulan hadits Nabi dari 40 syaikh dan 40 kitab yang berbeda pula. Maksud 40 syaikh adalah mereka para syaikh yang dijadikan referensi sanad bagi Syaikh Yasin dari 40 ragam kitab yang dinukilnya. Salahsatu hal yang memotivasi untuk melatarbelakangi Syaikh Yasin menulis kitab Arbai’n min Arbauna Haditsan adalah sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib.

Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa yang menghapal 40 hadits dan mengambil manfaat darinya, Allah akan membangkitkannya pada hari kiamat sebagai seorang ahli fikih dan alim."

Menurut Syaikh Yasin, kitab tersebut disusun tatkala dirinya mendapat kesempatan mengajar Kitab Al-Arba'in fi Mabani al-Islam wa Qawaid al-Ahkam karangan Imam Nawawi di Madrasah Dar al-Ulum, Makkah al-Mukarramah. Sejumlah sahabatnya dari para pegiat ilmu hadits lantas meminta Syaikh Yasin untuk mengumpulkan 40 hadits tentang berbagai persoalan, mulai dari akidah hingga muamalat. Namun, permintaan itu tidak serta-merta direalisasikan oleh Syaikh Yasin.

========
IDENTITAS KITAB:
Judul Kitab: Arba'una Haditsan Min Arba'ina Kitaban An Arba'ina Syaikhon 
Penulis: Syaikh Muhammad Yasin Al-Fadani
Penerbit: Darul Basyair al-Islamiyah, Beirut, Libanon.
Tahun: 1407 H/1987 M.
Cetakan: Ke-II (Kedua)
Tebal: ii, 88 halaman (PDF)
Space: 986 KB
Link download PDF: Arba'una Haditsan Min Arba'ina Kitaban An Arba'ina Syaikhon
========

Setelah beristikharah, lantas beliau merasa yakin untuk menulis sebuah kitab hadits yang terdiri atas 40 hadits saja. Uniknya, kitab yang rampung ditulis pada 1363 H itu memuat 40 hadits berbeda serta dinukil dari 40 kitab hadits yang beragam pula. Ke 40 hadits yang ditulis tersebut sanad-sanadnya diperoleh langsung oleh Syaikh Yasin dari para syaikh yang ahli dalam  hadits.

Cara penulisan hadits yang digunakan oleh Syaikh Yasin sangat sistematis dan tidak berbelit-belit karena latar belakang keilmuan yang ahli di bidang ilmu hadits riwayat sehingga dirayatnya sangat mendalam. Secara berurutan, Syaikh Yasin menyebutkan hadits satu per satu sesuai dengan derajat kitab hadits yang pernah ada.

Upaya-upaya yang dilakukan Syaikh Yasin tak hanya menukil begitu saja dari kitab bersangkutan. Akan tetapi, disertai dengan menyebutkan sanad yang didapatkannya. Kitab yang menjadi nukilan beliau pun sangat beragam, mulai dari kitab shahih, sunan, musnad, mu'jam, mushannaf, hingga kitab hadits tentang fadlail a'mal.

Baca: Toko Online Kitab Kuning Makna Pesantren

Syaikh Yasin yang selalu menyertakan keterangan-keterangan detail mengenai hukum hadits yang dibahasnya berikut takhrij ijmali (takhrij global) akan keberadaan hadits serupa di kitab-kitab hadits lainnya. Syaikh Yasin memuliakan kitabnya dengan enam kitab hadits mu'tabar yang menduduki peringkat utama. Keenam kitab-kitab tersebut adalah Shahih Al-Bukhari, Shahih Muslim, Sunan Abu Dawud, Jami' at-Turmudzi, Sunan an-Nasa'i, dan Sunan Ibnu Majah.

Hadits pertama yang disebutkan dalam kitab beliau terdapat dalam kitab Shahih Bukhari yang isinya tentang landasan haji qiran atau menunaikan ibadah haji sekaligus umrah. Riwayat hadits tersebut diperoleh Syaikh Yasin dari Syaikh Hafsh Umar bin Hamdan Al-Mahrasi At-Tunisi, seorang pakar hadits di Arab Saudi. Sanad yang disampaikan oleh Syaikh Hafsh tak terputus dan menyambung hingga Al-Bukhari, sementara sanad yang dimiliki Al-Bukhari tersambung dengan Ibnu Abbas dan Umar bin Khattab.

Hadits tersebut berbunyi, "Saya (Umar bin Al Khattab) mendengar Rasulullah bersabda saat berada di lembah al-Aqiq (sebuah lembah yang dekat Al-Baqi' yang berjarak empat mil dari Madinah): Seorang utusan dari Tuhanku mendatangiku suatu malam dan berkata: Shalatlah di lembah yang diberkah ini dan berniatlah umrah dan haji (qiran)".

Syaikh Yasin kemudian memberikan keterangan tentang hadits tersebut. Menurutnya, derajat hadits tersebut adalah shahih. Imam Bukhari meriwayatkannya dalam bab haji dengan bahasa pembahasan dan sanad yang sama persis. Hadits itu juga dirwayatkan oleh beberapa pakar ahli haditst seperti Abu Dawud dan Ibnu Majah dalam kitab Sunan-nya, Ibnu Abi Syaibah dari kitab al-Mushannaf, dan Ibnu Al Jarud dalam kitab Shahih-nya.

Baca: Kitab Jawahirul Adab (PDF), Cara Santri Mendapatkan Ilmu Manfaat

Kesederhanaan tokoh berdarah Padang, Sumatera Barat, yang lahir di Makkah pada 1916 menjadikannya terangkat derajatnya dan disegani oleh para alim yang lain. Tak sedikit ulama yang sengaja datang untuk memperoleh ijazah sanad darinya. Ulama' dari wilayah Arab Saudi hingga dari luar negeri banyak yang berguru kepada beliau.

Hal itu juga pernah dilakukan Habib Segaf bin Muhammad Assegaf, salah seorang ulama terkemuka dari Tarim, Handramaut yang sekarang bernama negara Yaman.

Secara garis besar, kualitas 40 haditst dalam Kitab Al-Arba'una Haditsan Min Arba'ina Kitaban An Arba’ina Syaikhon terdiri atas:

  1. Hadits Shohihnya ada 21 hadits yang terdapat pada hadits ke: 1, 2, 4, 5, 7, 9, 10, 11, 13, 16, 19, 22, 23, 24, 25, 20, 29, 33, 34, 35 dan 39; 
  2. Hadits Hasannya ada 7 hadits yang terdapat pada hadits ke: 12,18, 30, 31, 32,37 dan 38; 
  3. Hadits Hasan Ghoribnya ada 2 hadits yang terdapat pada hadits ke (3 dan 40); 
  4. Hadits Sanad Aziznya ada 1 yang terdapat pada hadits ke ke-8; 
  5. Hadits Ghoribnya ada 1 yang terdapat pada hadits ke-17;
  6. Hadits Ghoiru Marfu'nya ada 1, yang terdapat pada hadits ke-27;
  7. Hadits Laba’snya ada 1 yang terdapat pada hadits ke-26; 
  8. Hadits Muhtalifnya ada 1 yang terdapat pada hadits ke-15.

Begitu lengkapnya isi kitab Al-Arba’una Haditsan Min Arba’ina Kitaban ‘An Arba’ina Syaikhon, kitab tersebut bisa dikatakan sangat tepat menjadi bahan dasar generasi muda memahami isinya, dan betapa mulianya Syaikh Yasin sebagai penulis dalam membukukan hadits-haditst di dalamnya dengan meluangkan waktunya untuk diwariskan kepada orang lain melalui karya monumental beliau. [dutaislam.com/ab]

Khamid, S.Pd, tinggal di Grabag, Magelang, Jawa Tengah

Jual Kitab Kuning Pethuk
close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB