Download Kitab Tadzkirah Bi Ahwalil Mauta PDF Karya Imam Al-Qurthuby
Cari Berita

Advertisement

Download Kitab Tadzkirah Bi Ahwalil Mauta PDF Karya Imam Al-Qurthuby

Duta Islam #01
Jumat, 17 April 2020

download kitab kuning tasawwuf tadzkirah imam qurthuby
Cover Kitab Tadzkirah Imam Al-Qurtubiy. Foto: dutaislam.com.

Dutaislam.com - Kitab Tadzkirah ini ditulis oleh ulama Andalusia, yakni Imam Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad bin Abi Bakar bin Farh Al-Anshari Al-Andalusi Al-Qurtubiy (w. 671 H.). Qutuby adalah nisbat kepada desa Qurtubah, Andalusia, Spanyol sekarang.

Di Indonesia, kitab ini Tadzkirah Qurtuby jarang didaras karena barangkali tidak lebih populer daripada Kitab Ihya Ulumiddin karya Imam Al-Ghazali. Sebagaimana kitab tasawwuf pada umumnya, Kitab Tadzkirah Qurtuby PDF ini membincang tentang cabang imam berupa iman kepada yaumil akhir (kiamat) dan hal-hal lain terkait pahala, surga dan neraka.

Baca: Ribuan Kitab dalam Flashdisk 16 GB. Mau?

Kehadiran Tadzkirah Qurtuby (PDF), sebagaimana judulnya, adalah sebagai pengingat tentang hari pembalasan bagi setiap umat manusia sejak zaman Nabi Adam as. Sebagaimana ditulis oleh Imam Qurtuby, kematian bagi seorang muslim adalah kebaikan baginya. (hlm. 115-116). Mengapa? Kata Hayyan bin Aswad, mati adalah jembatan bagi seorang kekasih bertemu dengan kekasihnya, yakni Allah Swt.

=====
JUDUL KITAB: Kitabut Tadzkirah Biahwalil Mauta wa Umuril Akhirah
PENULIS: Imam Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad bin Abu Bakar bin Farh Al-Anshari Al-Andalusi Al-Qurtubiy
PENERBIT: Maktabah Darul Minhaj
TEBAL: 1.539 halaman PDF
SPACE: 26.3 MB
LINK DOWNLOAD PDF: Kitab Tadzkirah Qurtuby (PDF)
=====

Ini berbeda dengan makna kematian bagi seorang yang kafir alias tidak beriman kepada Allah. Bagi mereka yang kafir, mati adalah malapetaka yang tidak akan pernah terbayangkan siksanya selama hidup di dunia.

Bab-bab dan pasal-pasal lain dibicarakan oleh Imam Qurthubi terkait yaumul akhir dan kebenaran akan adanya surga dan neraka, serta hal lain terkait dengan keduanya. Misalnya, dalam kitab Tadzkirah Qurtuby (PDF) ada pembahasan khusus tentang kebolehan mengharapkan mati dan berdoa supaya tidak mati tanpa Islam.

Begitu juga keutamaan mengingat mati. Juga dibahas khusus dalam kitab dua juz setebal 1.539 halaman ini. Imam Qurtuby memang salah satu ulama' Andalusia yang karyanya, hingga kini, masih dikaji banyak kalangan. Terutama kitab Tafsirnya.

Baca: Toko Kitab Makna Pesantren dan Makna Jenggot

Duta Islam sengaja memosting Kitab Tadzkirah Qurtuby (PDF) karena ada permintaan kitab tersebut yang di Indonesia tidak diterbitkan. Kitab lain, silakan download di Rubrik Download Kitab dalam Pustaka Digital Duta Islam.

Dalam pustaka tersebut, tersedia kitab makna pesantren juga, antara lain:  Fathul Qarib, Fathul Mu'in dan Fathul Majid dan I'anatuth Thalibin beserta lainnya. [dutaislam.com/ab]

IKLANJUAL GELANG STEP UNTUK ANAK
close
Banner iklan disini