Rajab, Bulan Mulia Berkesempatan "Mremo"
Cari Berita

Advertisement

Rajab, Bulan Mulia Berkesempatan "Mremo"

Duta Islam #02
Selasa, 25 Februari 2020
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Ilustrasi: istimewa

Oleh Miqdad Sya'roni

DutaIslam.Com - Salah satu bulan yang dimuliakan di antaranya bulan Rajab, dimana pada bulan ini Kanjeng Nabi Muhammad SAW diajak berwisata atau diberangkatkan Isra' dan Mi'raj guna untuk berjumpa dengan Allah SWT. Bulan dimana diturunkan perintah Shalat bagi segenap umat Nabi Muhammad SAW.

Bulan yang sangat mulia, maka setidaknya kita ikut "mremo" melakukan kegiatan dan aktivitas yang bertujuan untuk mensukseskan meramaikan bulan Rajab tersebut. Banyak kegiatan dan aktivitas yang bisa dilakukan, diantaranya dengan menjalankan puasa sunnah rajab, memperbanyak zikir shalawat dan melakukan amalan-amalan rojabiyah.

"Mremo" di bulan rajab tak lain mempunyai tujuan yang jelas, yang paling penting berdasarkan dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT, mahabbah (menambah rasa cinta) kepada Kanjeng Nabi Muhammad SAW dan manusia adalah hamba yang bertugas untuk selalu menghamba dan memohon kepada Sang pemberi ijabah.

Salah satu amalan di bulan rojab, harapannya memohon kepada Allah dengan washilah (perantara) doa para para Nabi Wali supaya ekonomi kuat, diberikan kelancaran rizki, dan  mengalir terus.

Amalan ini sebaiknya diamalkan di bulan  rajab dan sebelum melaksanakannya sebaiknya disertai dengan melakukan puasa sunnah selama 3 hari.

Adapaun cara mengamalkan wirid dibaca setiap bakda Maghrib dan Subuh,

 يا الله يا فتاح يا رحمن يا رحيم يا رزاق يا جامع ١١١ x 

"Ya Allah Ya Fattah Ya Rohman Ya Rohim Ya Rozaq Ya Jami' " dibaca 111x

Amalan ini disampaikan dalam majelis "Soko Jeporo". Majelis rutin selapanan Seloso Kliwon di Dukuh Tawar Desa Karanggondang Mlonggo Jepara Jawa Tengah, untuk diamalkan secara umum. Para jama'ah Soko Jeporo pun sudah terbiasa menjalankan amalan tersebut setiap bulan Rajab datang.

Masih ada kesempatan untuk menata hati dan niat untuk menyambut bulan yang mulia, yaitu bulan Rajab. Lebih lebih sebelum kita "mremo", bersihkan hati, jiwa dan pikiran kita supaya kita menjadi hamba yang terus berusaha untuk meningkatkan skala prioritas keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Semoga kita berkesempatan dan berjumpa dengan bulan rajab, sehingga keberkahan dan keridhoan selalu mengalir dalam jiwa kita untuk selalu bersemangat dan giat untuk terus meningkat taat kepada Allah Rasulullah sehingga diberikan selamat dunia dan akhirat. Amin. [dutaislam.com/gg]

Miqdad Sya'roni, Jamaah Soko Jeporo.
Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB