Download PDF Wa Allama Adamal Asma'a - Kitab Pethuk Hidayatuth Thullab
Cari Berita

Advertisement

Download PDF Wa Allama Adamal Asma'a - Kitab Pethuk Hidayatuth Thullab

Duta Islam #01
Senin, 03 Februari 2020
Jual Kaos Gus Baha

pdf download kitab pethuk semen kediri
Salah satu contoh isi Kitab Wa Allama Adamal Asma'a. Foto: dutaislam.com.

Oleh M Abdullah Badri

Dutaislam.com - Halamannya tipis, 40 saja. Judulnya juga unik; Wa Allama Adamal Asma' (Dan Allah mengajari Nabi Adam tentang As'ma'), diambil dari ayat yang ada dalam Al-Qur'an. Tapi, jika Anda membacanya sampai khatam, dijamin akan mendapatkan banyak pengetahuan.

Bila boleh dinyatakan, kitab kini, seperti diibaratkan kepada Kitab Waroqot fi Ushulil Fiqih, isinya itu penuh walau bentuknya (hajmuhu) kecil (shaghir). Baca: Flashdisk Isi Ribuan Kitab Kuning.

Ya, Kiai Asmuni, yang menulis kitab ini, sengaja membuat judul unik dalam karyanya ini untuk memberi pelajaran kepada santrinya dan pembaca semuanya bahwa Nabi Adam as. adalah sayyidul allamah (pimpinan para alim terdahulu).

Baca: Jual Kitab Kuning Makna Gandul Pesantren dan Buku Bertema Islam Lainnya

Betapa tidak, Nabi Adam as. adalah orang yang pertama kali diberi ilmu pengetahuan oleh Allah atas segala hal yang terkait dengan nasib anak turunnya (seperti dalam cerita Isra' di Kitab Muhadharat Haulal Isra wa Mi'roj), tentang bumi dan segala isinya yang penuh dengan kekhususan.

Semua yang diajarkan Allah Swt. kepada Nabi Adam as. itulah yang kemudian disebut sebagai asma' (nama-nama). Lebih lanjut kitab ini menjelaskan bahwa apa yang diajarkan kepada Adam as. bukan hanya nama-nama, tapi juga sifat dari nama-nama dari semua benda dan lainnya di bumi ini.

Gara-gara Nabi Adam as. memiliki kelebihan ilmu pengetahuan itulah, ia mendapatkan penghormatan dari para Malaikat, yang awalnya mempertanyakan kepada Allah Swt. tentang penciptaannya. Artinya, karena ilmu, Nabi Adam as. menjadi makhluk yang mulia, sebagaimana asal kata asma, yang artinya -dari bahasa Arab- ialah "mulia" (sumuw). Itulah inti dari kitab yang diberi judul Wa Allama Adamal Asma'. [dutaislam.com/ab]

Silakan nikmati karya kiai Nusantara ini 
dengan download link PDF-nya di bawah ini. 

kitab pethuk makna pesantren tentang nabi adam

Jual Kitab Kuning Pethuk
close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB