Jual Kitab Qiro'at Asyr Al-Mutawatirah (Bukan PDF)
Cari Berita

Advertisement

Jual Kitab Qiro'at Asyr Al-Mutawatirah (Bukan PDF)

Duta Islam #01
Minggu, 26 Januari 2020
Jual Kaos Gus Baha

jual kitab qiro'at sab'ah ashim warsy dan kitab qiroat 10
Cover kitab Qiro'at Asyr. Foto: istimewa. 

Dutaislam.com - Al-Qur’an adalah pedoman umat Islam, sebagai pedoman maka banyak sekali kaum muslimin mencari atau membeli Al-Qur’an tersebut. Di Indonesia banyak sekali Al-Qur’an yang dicetak oleh penerbit-penerbit, sebagian besar dari Depan Temen Agama.

Akan tetapi, Al-Qur’an Qir’at ‘Asyr atau bacaan 10 Imam atau yang 7 Imam itu, jarang sekali dijual diIndonesia. Di bawah ini akan dijabarkan beberapa nama bacaan 10 imam berdasarkan referensi yang jelas.

Qira’at adalah suatu bacaan yang dinisbahkan kepada seorang imam dari imam-imam qira’at yang disepakati oleh para rawi sesuai dengan bacaan yang diterima secara musyafahah dari orang-orang yang ahli sebelumnya yang sanadnya bersambung dengan Rasulullah Saw.

Abu Syamah Ad-Damasyqi tentang qira’at mengatakan:

الْقِرَءَاتِ عِلْمٌ بِكَيِّفِيَّاتِ أَدَاءِ كَلِمَاتِ الْقُرْءَانِ وَاخْتِلَافِهَا مَعْزُوًّا لِنَا قِلِهِ 

Artinya:
"Qira’at adalah sebuah dipiplin ilmu yang mempelajari tata cara melafazkan beberapa kosa kata Al-Qur’an dan perbedaan pelafazannya dengan menisbatkan pada orang yang meriwayatkannya".

Qira’at atau macam-macam bacaan Al-Qur’an itu telah mantap pada masa Rasulullah saw, dan beliau ajarkan kepada para sahabat sebagaimana menerima bacaan itu dari Malaikat Jibril as.

Baca: KH. Munawwir Krapyak Yogyakarta, Ahli Qira'ah Sab'ah, Pernah Baca Quran Sampai Mengeluarkan Darah

Kemudian pada masa sahabat telah muncul banyak ahli bacaan Al-Qur’an yang menjadi anutan masyarakat. Yang termasyhur, antara lain, Ubay, Ali, Zaid bin Tsabit, Ibnu Mas’ud, dan Abu Musa al-Asy’ari. Mereka itulah yang menjadi sumber bacaan Al-Qur’an bagi sebagian besar sahabat dan tabi’in.

Dalam Ilmu Qira’at, ada sepuluh Imam Qira’at yang sangat masyhur. Bacaan mereka disepakati oleh ulama qira’at sebagai bacaan mutawatir. Artinya, bacaan yang betul-betul asli berasal dari Nabi Muhammad dari Malaikat Jibril dari Allah Swt. Sepuluh Imam Qira’at tersebut ialah:

  1. Nafi’ bin Abi Nu’aim Al-Ashbihani,
  2. Ibn Katsir, Abdullah bin Katsir Al-Makki
  3. Abu ‘Amr, Zaban bin Al-‘Ala’
  4. Ibn ‘Amir Abdullah bin ‘Amir As-Syami
  5. ‘Ashim bin Abi An-Najud
  6. Hamzah bin Habib Az-Zayyat
  7. Al-Kisa’i, Ali bin Hamzah
  8. Abu Ja’far, Yazid bin Al-Qa’qa’
  9. Ya’qub Al-Hadhrami
  10. Khalaf Al-Bazzar (Al-Bazzaz).

Dalam perjalanan waktu, dari seleksi ilmiah dan alamiah, muncul nama-nama yang akhirnya dijadikan referensi yang sangat valid dan sangat dipercaya sebagai bacaan yang merefleksikan bacaan Imam-imam Qira’at di atas. Mereka yang disebut para perawi dari 10 imam adalah:

  1. Imam Nafi’, kedua perawinya adalah Qalun dan Warsy
  2. Imam Ibn Katsir, kedua perawinya adalah Al-Bazi dan Qumbul
  3. Imam Abu ‘Amr, kedua perawinya adalah Ad-Duri dan As-Susi
  4. Imam Ibn ‘Amir, kedua perawinya adalah Hisyam dan Ibn Dzakwan
  5. Imam ‘Ashim, kedua perawinya adalah Syu’bah dan Hafsh
  6. Imam Hamzah, kedua perawinya adalah Khalaf dan Khallad
  7. Imam Al-Kisa’i, kedua perawinya adalah Abu Al-Harits dan Ad-Duri Al-Kisa’I
  8. Imam Abu Ja’far, kedua perawinya adalah Ibn Jammaz dan Ibn Wardan
  9. Imam Ya’qub, kedua perawinya adalah Rauh dan Ruwais
  10. Imam Khalaf kedua perawinya adalah Ishaq dan Idris.

Dari sekian perawi di atas, semuanya bersanad (runtutan ilmu) kepada baginda Nabi Besar Nabi Muhammad Saw. Bacaan Al-Qur’an yang paling Masyhur atau terkenal adalah Imam Hafsh an Ashim karena menyebar ke seluruh dunia.

Inilah sekilas tentang bacaan Al-Qur’an, berdasarkan Imam-imam yang bersandar kepada Rasulullah Saw., karena Al-Qur’an itu diturunkan dengan 7 huruf. Ini diterangkan di dalam hadits Nabi Saw., yang artinya: "Sesungguhnya Al-Qur’an ini diturunkan dengan 7 huruf maka bacalah mana yang terasa mudah daripadanya". (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Jika Anda, kaum muslimin-muslimat ingin mempelajari Imam 10 atau 7 bahkan per-imam, maka kami menyediakan Al-Qur’an Qira’at tersebut. Harga-harga bisa dilihat di bawah ini:

  1. Al-Qur’an Qira’at ‘Asyr Rp. 250.000,-
  2. Al-Qur’an Imam Nafi Riwayat Qalun Rp. 190.000,-

Jika pesan keduanya ke nomor center 085226228507 (WA), maka, total transfer adalah Rp. 440.000,- (belum termasuk ongkos kirim ke alamat lengkap). Klik langsung order pemesanan di bawah ini untuk langsung pesan via WA tanpa save nomor admin. [dutaislam.com/ab]


Jual Kitab Kuning Pethuk
close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB