9 Adab Sopan dan Bacaan Salam Saat Ziarah Kubur
Cari Berita

Advertisement

Loading...

9 Adab Sopan dan Bacaan Salam Saat Ziarah Kubur

Duta Islam #01
Minggu, 12 Januari 2020
Loading...

tatacara ziarah kubur tiap malam jumat
Adab ziarah kubur orang yang sudah meninggal. Foto: istimewa.

Dutaislam.com - Ziarah kubur adalah kesunnahan kepada tiap muslim kepada muslim lain yang sudah wafat. Apalagi dilaksanakan tiap Jumat, pahalanya sangat banyak. Baca: Manfaat Ziarah ke Makam Orangtua Tiap Jumat.

Berikut ini adalah adab ketika kita ziarah ke makam atau kuburan orang yang sudah meninggal, baik orangtua, guru maupun auliya':

1. Berpakaian yang menutupi aurat, suci-bersih dan pantas/sopan,

2. Berjalan dengan tenang dan merunduk,

3. Sebelum ke makam, usahakan wudlu lebih dahulu, lalu shalat sunnah (wudhu) dua rakaat di masjid atau musholla terdekat sekitar makam. Jika tak sempat, paling tidak berwudlu’, kemudian baru berziarah,

4. Melepas sandal, sepatu dan alas kaki lainnya. Kecuali tanahnya becek, banyak najis, duri atau sejenisnya. Ini bukan berarti bahwa tanah pekuburan itu suci sesuci masjid, akan tetapi sekedar menghormati penghuni makam agar tidak merasa terganggu dengan bunyi sandal-sepatu peziarah.

5. Mengucapkan salam kepada seluruh penghuni kubur kaum muslimin sewaktu memasuki area pemakaman:

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنِيْن, وَ إِنَّا   إِنْ شَاءَ اللَّهُ بِكُمْ لَاحِقُوْنَ.

Artinya:
"Salam sejahtera semoga dilimpahkan kepada kalian, wahai penghuni kubur kaum mukminin. Insya Allah, kami (suatu ketika) menyusul kalian".

6. Jangan duduk-duduk atau bersandar di atas makam. Usahakan jangan sampai menginjak atau melompati makam, kecuali terpaksa. (HR. Ahmad, Muslim),

7. Jangan makan, minum dan mengadakan pesta di area pemakaman.

8. Sebaiknya tidak mengobrol membicarakan urusan duniawi, beromong-omong yang tiada berguna untuk mengingat kematian, dan omongan-omongan kotor lainnya. Lebih baik digunakan dzikrul maut seperti membaca tahlilan, dzikir, wirid, sholawat, Yasin, ayat Al-Qur’an, kalimat thayyibah lainnya, memohonkan ampunan untuk si penghuni makam, dan merenungi kehidupan setelah mati.

9. Dilarang merusak, membakar atau mencabuti rumput dan tanaman yang tumbuh diatas makam. Apalagi sampai mengambil apa saja barang milik inventaris makam, na’udzubillahi min dzalik.

Semoga kita semua bisa bagian dari umat Nabi Muhammad Saw. yang selalu bisa melaksanakan ziarah kubur sebagai bagian dari sunnah. [dutaislam.com/ab]

Loading...
close
Banner iklan disini