Tafsir Surat Al-Isra Ayat 9, Al-Quran Petunjuk Umat Manusia
Cari Berita

Advertisement

Tafsir Surat Al-Isra Ayat 9, Al-Quran Petunjuk Umat Manusia

Duta Islam #04
Minggu, 20 Oktober 2019
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Penjelasan kandungan Surat al-Isra ayat 9 (sumber: istimewa)
Surat al-Isra ayat 9 membincang tentang alasan diturunkannya al-Quran. Di dalam Surat al-Isra ayat 9 dijelaskan, al-Quran diwahyukan sebagai petunjuk bagi manusia.

Dutaislam.Com - Surat al-Isra ayat 9 menegasan bahwa al-Quran merupakan pedoman bagi umat manusia. Al-Quran menuntun manusia kepada jalan yang diridhai Allah SWT.

Allah SWT telah menerapkan aturan-aturan atau syariat Islam di dalam al-Quran. Syariat tersebut merupakan tuntutanan umat Islam dalam menjalankan ibadah kepada Tuhannya.

Oleh karena itu, para ulama menjadikan al-Quran sebagai sumber hukum yang pertama. Karena, al-Quran adalah kalam ilahi yang memuat beragam hukum di dalamnya.

Baca: Tafsir Surat Lukman Ayat 12, Mensyukuri Nikmat Allah

Para ulama ketika hendak mencetuskan suatu hukum, maka pertama kali merujuk kepada al-Quran. Mereka melakukan kerja-kerja ijtihad untuk menggali hukum di dalam al-Quran.

Hal itu sebagaimana pesan Nabi Muhammad SAW pada saat haji wada'. Beliau berpesan agar umat manusia berpegangan kepada al-Quran supaya mereka tidak tersesat di jalan yang salah.

Surat al-Isra ayat 9 mengajak umat manusia untuk kembali kepada al-Quran. Al-Quran bukan hanya sebagai pedoman ibadah, akan tetapi juga sebagai way of life umat manusia. Sebab, al-Quran mengandung berbagai macam dasar-dasar ilmu pengetahuan.

 إِنَّ هَٰذَا الْقُرْآنَ يَهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْرًا كَبِيرًا 

"Sesungguhnya Al Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang Mu'min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar" (QS. al-Isra: 9).

Baca: Tafsir Surat Ibrahim Ayat 4, Berkomunikasi Dengan Efektif

Imam Thabari dalam kitab tafsirnya menjelaskan, Allah SWT menurunkan al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk bagi umat manusia. Al-Quran menunjukkan kepada umanusia jalan yang lurus.

Kata أقوم sebagaimana riwayat Ibnu Zaid di dalam tafsirnya Imam Thabari bermakna al-haq, yang merupakan lawan kata dari al-bathil. Artinya, al-Quran menjadi satu-satunya kitab yang paling benar.

Pesan-pesan al-Quran yang berupa ayat-ayat ibadah atau kauniyah terjamin kebenarannya. Sehingga, umat manusia dapat mengacu kepada al-Quran sebagai petunjuk hidup. [dutaislam.com/in]
Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB