Sempit Berfikir Gara-gara Hutang
Cari Berita

Advertisement

Sempit Berfikir Gara-gara Hutang

Duta Islam #07
Senin, 07 Oktober 2019

rezeki lancar hutang lunas
Sempit berfikir gara-gara hutang. Foto: istimewa
DutaIslam.Com - Hutang memang membuat kita bingung dan seolah hidup sempit karenanya, oleh karena itu jika anda mengalamai masalah hutang jangan putus asa apalagi sampai menghalalkan segala cara untuk melunasinya dengan cara yang batil.

Ada sebuah nasehat yang hebat bagaimana cara memudahkan kita melunasi hutang "Ingat dan yakinilah akan nasehat Nabi bahwa seseorang yang punya hutang dan berniat mengembalikanya maka Allah akan memudahkan memberikan jalan keluar" jadi kuncinya harus niat yang betul apabila kita berhutang harus niat betul mengembalikanya segera apabila sudah ada jangan sampai ditunda.

Barang siapa yang hutang uang kepada orang, lantas berkehendak untuk membayarnya maka Allah akan mempermudah jalannya  untuk melunasinya. Barang siapa yang hutang dengan tujuan tidak membayar maka Allah akan membinasakannya.
(HR Bukhari dan Ibnu Majah)

Baca: Adab Berhutang Dalam Islam

Ada seseorang sahabat ketika itu beliau di masjid aja hingga ketemu dengan Nabi SAW, ada apa kamu di masjid saja tidak bekerja? Yaa Rasulullah saya ini sedang ditimpa masalah hutang hingga aku malu keluar rumah apabila ketemu dengan orang yang menghutangiku, maka beliau SAW memberikan nasehat yang intinya "Ketika kamu masuk rumahmu maka ucapkanlah salam (ada orang atau tidak tetap ucapkan salam) kemudian bacalah Surah Al-Ikhlas, insya Allah akan dimudahkan melunasi hutangmu.

Maka dalam suatu riwayat setelah dia mengamalkan apa yang menjadi nasehat Nabi tersebut hutang-hutangnya lunas bahkan rezekinya melimpah sampai-sampai tetangga kanan kirinya merasakan keberkahanya, Subhanallah.

Rezeki Lancar Hutang Lunas


Naah itulah suatu nasehat yang pernah saya terima juga dari guru saya mengenai masalah hutang dan sampai sekarang masih saya amalkan, Alhamdulillah dulu saya juga banyak hutang sampai dikejar-kejar debt collector kartu kredit, dan Alhamdulillah sekarang tidak lagi, berkat pertolongan Allah semua utang-utang lunas bahkan sampai rumah BTN yang seharusnya bisa lunas sampai tahun 2019 Alhamdulillah sekarang sudah lunas.

Kuncinya adalah amalkan perintah Allah dengan sepenuh hati dan yakinlah bahwa Allah akan selalu menolong hamba-Nya selama iman di hati kita tetap terpelihara dengan baik.
Kalau mau tahu bahwa sebenarnya kunci di Surah Al-Ikhlas ini adalah nilai keimanan dan ketauhidan Allah benar-benar dahsyat, coba renungkan arti dan maknanya, salah satunya adalah Allahushomad (Allah tempat bergantung/meminta,memohon menyandarkan diri kita lahir batin). WalamYakullahuu Kufuan Ahad (Dan tidak ada sesuatu apapun yang dapat menyamainya).

Baca: Amalan Doa Rezeki Lancar dan Lunas Hutang

Renungkan baik-baik sepenuh hati Insya Allah anda akan menemukan jawabanya..
Sedikit tambahan untuk mempercepat prosesnya, rajin-rajinlah shalat dhuha meskipun hanya 4 rokaat setiap pagi, bersedekah meskipun sedikit tapi istiqomah, bantulah orang yang kesusahan meskipun hanya dengan doa ataupun tenaga, tambahkan dzikir asmaul husna "Yaa Fattahu Yaa Razaq, Yaa Kaafi Yaa Mughni" sebanyak-banyaknya, lakukan minimal 11 hari berturut-turut tanpa putus, Insya Allah lihat perubahan hidup anda. Semoga bermanfaat. [dutaislam/ka]

close
Banner iklan disini