Puji Kabinet Baru, Gus Yaqut: Tugas GP Ansor Lawan Radikalisme Jadi Ringan
Cari Berita

Advertisement

Puji Kabinet Baru, Gus Yaqut: Tugas GP Ansor Lawan Radikalisme Jadi Ringan

Duta Islam #02
Sabtu, 26 Oktober 2019
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas (tengah) memperkenalkan anggotanya saat pertemuan dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat, 11 Januari 2019. (Foto: Antara)
DutaIslam.Com - Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP Ansor), Yaqut Cholil Qoumas atau yang akrab dipanggil Gus Yaqut mengapresiasi kabinet Jokowi yang memberi perhatian serius terhadap masalah berkembangnya radikalisme.

"Pemerintah akan serius menangani masalah radikalisme," ujar Gus Yaqut, Jumat, (26/10/2019) sebagaimana dilansir Tempo.co.

Menurutnya, selama ini Ansor dan Banser turut menghadapi kelompok radikal dan intoleran karena merasa negara tidak serius hadir menghadapi masalah itu.

Kini, lanjut Gus Yaqut, karena negara sudah memastikan menangani serius Ansor merasa tugasnya menjadi ringan.

"Sekarang waktu kami banyak untuk penguatan internal, konsolidasi, memperkuat kaderisasi, dan melakukan upaya-upaya kemandirian organisasi," tandasnya.

Gus Yaqut menjelaskan NU memiliki tiga pilar, yaitu Nahdlatul Wathan atau kebangkitan nasional, Taswirul Afkar atau artikulasi pemikiran, dan Nahdlatul Tujjar atau kebangkitan saudagar/ekonomi.

Mengenai Nahdlatul Wathan, tanpa harus bicara NKRI harga mati, kata Gus Yaqut, di dalam dada dan kesadaran hal itu sudah ada di seluruh kader. Untuk Taswirul Afkar, keluarga besar NU sudah banyak melahirkan pemikir atau cendekiawan.

Sayangnya, pilar ketiga, yakni Nahdlatul Tujjar belum digarap serius. NU masih minim pengusaha. Inilah yang tengah serius digarap Ansor. “Kami masih berusaha melahirkan pengusaha-pengusaha yang asli dari NU, dalam konteks ini yang lahir dari Ansor."

Ia mendorong kader Ansor di seluruh Indonesia mengembangkan diri, berkarya dalam menciptakan peluang-peluang usaha, mencetak pengusaha. Adapun caranya dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) kader Ansor melalui pengembangan program ekonomi.

Dalam waktu dekat ini, pihaknya akan menggelar rapat koordinasi nasional (rakornas) yang akan dihadiri pimpinan GP Ansor seluruh Indonesia. Rakornas diadakan sebagai langkah konsolidasi, penguatan kaderisasi, dan kemandirian organisasi. "Saya meminta kini saatnya kembali melakukan konsolidasi, kaderisasi, dan mempercepat kemandirian organisasi," kata Gus Yaqut.

Soal kemandirian organisasi, Gus Yaqut mendorong semua kader GP Ansor di seluruh Indonesia melakukan berbagai usaha pengembangan ekonomi kader. Pengembangan ekonomi kader ini sesuai dengan visi dan misi Ansor. [dutaislam.com/gg]

Keterangan: dari Tempo.co berjudul: Yaqut Puji Kabinet Baru: Tugas GP Ansor Lawan Radikalisme Ringan

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB