Perhatikan Warna Darah Haid yang Keluar
Cari Berita

Advertisement

Perhatikan Warna Darah Haid yang Keluar

Duta Islam #07
Selasa, 29 Oktober 2019
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
warna darah haid bagi kesehatan
Penjelasan warna darah haid bagi kesehatan. Foto: istimewa
DutaIslam.Com - Haid atau menstruasi merupakan siklus yang normal dialami seorang perempuan. Biasanya yang dibicarakan soal haid yaitu waktu kedatangannya lebih awal atau terlambat. Di sisi lain, warna darah haid juga merupakan hal yang penting untuk diketahui. Apakah kamu pernah bertanya-tanya mengapa warna haid kamu seringkali berbeda? Ternyata warna darah menstruasi dapat menunjukkan kondisi kesehatan kamu. Berikut ini adalah penjelasan mengenahi warna darah haid atau menstruasi:

1. Merah Terang
Warna yang biasanya kamu lihat di tengah siklus haid ini sangat normal, karena itu artinya darah segar dari jaringan lapisan dinding rahim kamu sedang terkikis. Namun jika kamu selalu mengalami kram yang cukup parah atau rasa perih yang intens sehingga kamu tidak bisa menjalani aktivitas sehari-hari, kamu sebaiknya mengunjungi ginekolog untuk mengecek alasan lain di baliknya.

Jika darah haid kamu bergumpal seperti selai stroberi, itulah pertanda bahwa tubuh kamu sedang mengalami ketidakseimbangan horman progesteron dan esterogen. Kurangi produk susu, kedelai dan gula sebelum mengunjungi ginekolog.

Baca: Permulaan Perempuan Haid

2. Merah Gelap
Semakin lama darah haid tersimpan dalam rahim, semakin gelap warnanya saat keluar. Maka dari itu, kamu akan sering melihat warna merah gelap saat bangun di pagi hari atau saat blood flow kamu lebih banyak dari biasanya. Warna tersebut juga dapat menunjukkan bahwa terkikisnya jaringan lapisan dinding rahim telah berkurang dan menjadi pertanda bahwa siklus haid kamu sudah mau selesai.

3. Merah Muda
Darah yang berwarna merah muda bisa terjadi saat siklus haid lebih singkat atau saat haid kamu lebih sedikit dari biasanya. Darah pink juga bisa menjadi indikasi bahwa kadar esterogen dalam tubuh sedang rendah. Apakah kamu sedang stres, giat berolahraga, atau mengalami perubahan berat badan yang drastis? Faktor-faktor tersebut dapat menjadi alasannya. Jika setiap bulan siklus haid kamu pendek, itu bisa berarti bahwa kamu kekurangan asupan vitamin dan nutrien. Perbanyak konsumsi makanan yang kaya protein seperti yogurt dan kacang almond, ya!

4. Coklat / Hitam
Bila darah haid kamu sudah lama tersimpan dalam rahim atau siklus haid kamu sedang tidak teratur, wajar jika warna darah haid kamu coklat. Namun jika darah haid keluar dengan warna keabu-abuan atau hitam, bisa jadi kamu terkena infeksi rahim atau tanda keguguran bagi wanita hamil. Oh, no…

Arti Warna Darah Haid bagi Kesehatan


5. Jingga
Bila warna darah haid kamu ada sedikit warna jingga namun baunya biasa saja, tidak masalah! Namun jika tekstur dan bau darah haid kamu aneh, kondisi tersebut bisa mengindikasikan penyakit menular seksual (STD/STI). Kunjungi dokter secepatnya!

6. Biru / Ungu
Seriously? Ya, haid berwarna biru atau ungu pasti akan membuat kamu panik, tetapi fenomena teresebut sebenarnya tidak berbahaya, kok. Kamu akan melihat sedikit warna biru atau ungu saat darah sudah bergumpal (dan ini juga hal yang wajar). Bila Miss Cheerful mengeluarkan darah biru atau ungu, itu artinya tubuh kamu sedang menampung hormon estrogen berlebihan! Tambahkan serat ke diet kamu agar warna haid kembali normal.

Dengan memperhatikan warna dan tekstur darah haid, kamu bisa mengetahui lebih dini tentang gangguan kesehatan yang terjadi pada tubuh dan haid bisa menggambarkan kondisi kesehatan rahim dan organ kesuburan seorang wanita. Jika kamu menemukan kejanggalan pada saat menstruasi dan menurutmu itu berbahaya, jangan ragu-ragu untuk mengonsultasikannya ke dokter, ya! [dutaislam.com/ka]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB