Nasehat Kiai Lukman bagi Orang yang Sedang Dilanda Kesulitan
Cari Berita

Advertisement

Nasehat Kiai Lukman bagi Orang yang Sedang Dilanda Kesulitan

Duta Islam #03
Selasa, 01 Oktober 2019

Direktur Sufi Center Jakarta Kiai Lukman Hakim. Foto: Istimewa.

DutaIslam.Com - Hampir setiap orang mengalami kesulitan dan hambatan dalam menjalani hidup atau melakukan satu pekerjaan. Meskipun begitu, manusia dilarang untuk putus asa.

Direktur Sufi Center Jakarta Kiai Lukman Hakim mengatakan, jangan sampai putus asa dalam berjuang ketika selalu mendapat hambatan. Sebab dibalik kesulitan pasti ada kemudahan.

Itulah sebabnya, lanjut Kiai Lukman, Allah mengulang ayat-Nya hingga dua kali dalam surat Al-Insyirah. Bahwa sesungguhnya ada kemudahan yang menyertai kesulitan.

"Dalam perjuanganmu selalu ada hambatan? Jangan putus asa. Karena Allah mengulang ayatNya dalam surat Al- Insyirah sampai 2 kali.'Sesungguhnya ada kemudahan yg menyertai kesulitan. Sungguh ada kemudahan yg menyertai kesulitan'," ujar Kiai Lukman melalui Twitternya, Selasa (01/09/2019).

Penyesalan Seumur Hidup

Di kicauannya yang lain, Kiai Lukman menyampaikan tiga orang bisa menyesal seumur hidup. Penyesalan itu akan terjadi jika tidak dilakukan setelah selesai melaksakan shalat.

Pertama, para orang tua harus mendoakan putra putrinya jadi anak shaleh dan shalihah, manfaat dunia akhirat.

Kedua, para guru harus mendoakan murid-muridnya agar ilmunya manfaat dunia akhirat.

Ketiga, anak-anak mendoakan kedua orang tua dan gurunya.

"Nyesel seumur hidup jika ini tidak dilakukan setiap habis shalat: para ortu harus mendoakan putra putrinya jadi anak shaleh dan shalihah, manfaat dunia akhirat; para guru harus mendoakan murid-muridnya agar ilmunya manfaat dunia akhirat; anak-anak mendoakan kedua ortu dan gurunya," ujar Kiai Lukman. [dutaislam.com/pin]

close
Banner iklan disini