Merokok Kretek Lebih Menyehatkan
Cari Berita

Advertisement

Merokok Kretek Lebih Menyehatkan

Duta Islam #07
Selasa, 08 Oktober 2019

rokok kretek menyehatkan
Rokok kretek menyehatkan. Foto: istimewa
Oleh Agus Mulyono

DutaIslam.Com - Merokok menjadi gaya nyentrik dari kalangan NU, tidak lain dan tidak bukan banyak kyai NU yang mengkonsumsi rokok walau di bungkus rokokpun tertera bahwa rokok membunuhmu.

Ternyata rokok menjadi penyumbang terbesar kemiskinan di negeri ini, dalam catatan BPS terbukti bahwa tingkat kemiskinan Indonesia pada Maret 2019 sebesar 9,41 atau setara dengan 25,14 juta penduduk.

Dalam eksperimen ini mengembangkan biofilter dalam rangka meningkatkan kualitas asap rokok bersama tim sudah sampai pada melihat pengaruh asap rokok kretek yang melalui biofilter terhadap penyakit Diabetes. Eksperimen ini dikerjakan oleh 4 mahasiswi (Ulfi, Atus, Afnan, dan Fitri).

Baca: Saya Merokok di Usia 58 Tahun Karena Berjuang Melawan Kapitalisme Global

Biofilter dikembangkan dari bahan tanaman yang disebutkan secara spesifik dalam Al-Qur’an (Biji Kurma, daun, kulit, biji buah delima, daun zaitun) dan beberapa tanaman lokal (kopi, daun kelor, daun tembakau, cengkeh).

Mencit dibuat menjadi diabet dengan disuntikkan STZ kemudian dipapari dengan asap rokok kretek melalui biofilter berbahan tanaman seperti yang disebutkan diatas, kemudian mencit diukur kadar gulanya dan dibedah untuk kemudian dilihat gambaran histology pangkreasnya.

Mencit diabet yang dipapari asap rokok kretek tanpa biofilter kadar gulanya semakin meningkat dan pangkreasnya semakin rusak (diabetnya semakin parah). Jadi… jika mempunyai penyakit diabet terus merokok (tanpa biofilter) maka penyakit diabetnya akan semakin parah.

Sementara mencit diabet yang dipapari asap rokok dengan biofilter (ada beberapa formula) hasilnya menunjukkan bahwa mencit tidak diabet lagi (kadar gula turun sama dengan mencit normal/sehat…, dan gambaran histologi pangkreasnya juga bagus seperti gambaran histologi pangkreas mencit sehat). Jadi…. jika mempunyai penyakit diabet terus merokok dengan biofilter berbahan seperti yang disebutkan diatas maka penyakit diabetnya menjadi sembuh (jangan terpengaruh dulu ya…, tapi data hasil eksperimen pada mencit memang menunjukkan demikian).

Rokok kretek sebagai karya luar biasa nenek moyang yang diracik dari tembakau dan sedikit cengkeh kemudian dibakar memang asapnya mengandung beberapa radikal bebas. Tetapi dengan diberi biofilter berbahan tanaman tertentu maka radikal bebasnya bisa dihilangkan.

Rokok Kretek Menyehatkan


Rokok kretek identik dengan tembakau, sebenarnya tembakau tidak harus selalu dibuat menjadi rokok. Selain mengandung nikotin, tembakau juga mengandung banyak senyawa lain yang jarang dieksplorasi dalam industri. Tembakau mengandung minyak atsiri yang memiliki banyak manfaat, di antaranya dapat diolah menjadi wangi wangian atau parfum, dan juga minyak atsirinya sangat bermanfaat untuk kesehatan. Tembakau juga bisa digunakan sebagai bahan insektisida alami untuk dunia pertanian.

Tembakau banyak ditanam oleh masyarakat kita, banyak lahan yang kadang tidak cocok ditanami tanaman lain selain tembakau karena karakter lahan untuk tembakau menurut pengalaman beberapa petani bersifat sangat unik. Ribuan buruh/pekerja bergantung pada bisnis berbahan baku tembakau. Jadi sangat penting untuk pengembangan produk berbahan tembakau. Bukan menggeser tembakau dengan komoditas yang lain.

Tembakau sudah menjadi bagian dari kehidupan banyak orang. Jadi mungkin tembakau sudah merasuk ke dalam budaya bangsa kita bahkan menjadi jati diri bangsa ini.
Jadi jika beberapa waktu lalu ada gerakan anti tembakau yang marak dinegeri lain dan juga diikuti oleh beberapa orang di negeri kita ini, saya kira kurang tepat gerakan tersebut, karena tembakau akan banyak sekali manfaatnya.

Baca: Kala Nabi Menyuruh Kiai Merokok Supaya Sehat

Kembali pada rokok kretek yang asapnya menjadi lebih berkualitas ketika asap itu melewati biofilter dengan bahan tanaman tertentu seperti disebutkan diatas. Membuatnyapun (membuat biofilter) sangat mudah. Semua orang bisa membuatnya. Mungkin kedepan nanti bukan hal mustahil merokok rokok kretek akan menjadi sebuah aktivitas yang menyehatkan. [dutaislam/ka]

close
Banner iklan disini