Penuh Maksiat Tapi Masuk Surga, Mengapa? Ini Kisahnya
Cari Berita

Advertisement

Penuh Maksiat Tapi Masuk Surga, Mengapa? Ini Kisahnya

Duta Islam #07
Selasa, 01 Oktober 2019
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
introspeksi diri sendiri
Kisah seorang dari bashrah yang penuh dosa. Foto: istimewa

DutaIslam.Com - Dikisahkan, ada seorang yang hidup bergelimang dosa meninggal di pinggiran kota Bashrah. Perilaku buruknya membuat tetangganya acuh tak acuh dengan kematiannya. Sehingga istrinya tidak mendapati orang yang mau membantu membawa jenazahnya ke masjid dan pemakaman. Terpaksa istrinya mengupahi dua orang untuk membawa jenazah tersebut.

Dibawalah jenazah tadi ke masjid. Juga tidak ada seorangpun yang bersedia menyolatinya. Orang-orang seperti pura-pura seolah tidak terjadi apa-apa. Istrinya memutuskan untuk segera membawa jenazah suaminya ke pemakaman.

Baca: Nasehat Kiai Lukman bagi Orang yang Sedang Dilanda Kesulitan

Di sebuah bukit yang lokasinya bersebelahan dengan pemakaman, ada seorang ulama besar yang terlihat seperti menunggu seseorang. Ternyata beliau ingin menyolati jenazah yang akan melewati tempat tersebut. Berita ulama besar akan menyolati jenazah di tempat itu segera tersiar ke seantero Bashrah. Orang-orang berduyun-duyun untuk juga ikut menyolati, serta penasaran jenazah siapakah yang mendapat kehormatan disholati oleh ulama besar.

Setelah selesai menyolati, orang-orang heran dan takjub. Ternyata jenazah yang mereka shalati adalah orang yang mereka kenal sebagai ahli maksiat. Mereka bertanya kepada ulama tersebut, "Apa yang membuat anda bersedia datang jauh-jauh ke tempat ini dan menyolati jenazah ini?"

"Ada yang berkata dalam mimpiku, "Datangilah bukit di sebelah pemakaman. Di sana kamu akan melihat jenazah yang pengiringnya hanya satu orang wanita. Sholatilah dia, karena dia orang yang mendapatkan ampunan." jawab ulama.

Bertambahlah ketakjuban orang-orang yang hadir di tempat itu. Ulama tadi kemudian memanggil istri almarhum dan menanyakan keseharian suaminya dan perjalanan hidupnya. Istrinya menjawab, "Dia seperti yang sudah dikenal di kota ini. Sepanjang hari dia menghabiskan waktu untuk bermaksiat dan minum arak."

"Coba anda perhatikan lagi, apakah ada amal kebaikan yang dia lakukan?" Tanya ulama itu lagi.

"Iya setahuku tiga hal. Yang pertama, setiap dia sadar dari mabuknya pada waktu Shubuh, dia mengganti bajunya, berwudhu dan melaksanakan Shubuh berjamaah. Kemudian dia kembali mabuk dan berbuat maksiat,

Introspeksi Diri Sendiri


Yang kedua, di rumahnya selalu ada dua atau satu anak yatim. Dia memperlakukan dengan baik anak yatim itu melebihi kepada anaknya sendiri,

Yang ketiga, jika dia sadar dari mabuknya di tengah gelap malam, dia menangis dan meratap, 'Ya Allah, di bagian neraka Jahanam mana Engkau akan menempatkan hamba-Mu yang kotor dengan maksiat ini',"

Sang ulama kemudian pulang, karena dia sudah mengetahui dengan jelas peristiwa aneh yang terjadi di siang hari itu.

(Kisah di atas dipetik dari Kitab Ihya' Ulumiddin Imam Al-Ghazali)

Semoga bisa kita ambil hikmah dari cerita ini. [dutaislam/ka]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB