Keteladanan Istri Habibana Umar bin Hafidz
Cari Berita

Advertisement

Keteladanan Istri Habibana Umar bin Hafidz

Duta Islam #07
Selasa, 01 Oktober 2019
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
istri habib umar bin hafidz
Penjelasan teladan istri habib umar bin hafidz. Foto: istimewa
Oleh: Ismael Alkholilie

DutaIslam.Com- Siapa yang tidak mengenal seorang Bidadarinya Tarem Hadramaut? Pasti sudah sangat mengenal dan mencintai beliau. Walau mungkin ada yang belum berjumpa beliau langsung pun sudah amat jatuh cinta.

Begitulah para kekasih Allah bagai sebuah magnet yang menarik hati para pecintanya. Beliaulah seorang wanita sholehah, Putri daripada Ulama besar. Beliaulah seorang wanita sholehah, Isteri daripada Ulama besar. Beliaulah seorang wanita sholehah yang melahirkan anak sholeh sholehah generasi penerus Ulama besar. Beliau adalah putri dari guru Habib Umar, Habib Muhammad Al-Haddar. Beliau lebih suka disebut sebagai Ummu Salim atau ibu dari Salim (anak laki-laki tertua beliau).

Baca: Habib Hamid Ungkap Kekaguman Habib Umar ke NU dan Indonesia

Demi menjaga kehormatan dan rasa malu, wanita di Tarim bukan hanya tidak ingin wajah mereka dipandang lelaki yang bukan mahromnya, mereka bahkan merasa malu jika ada lelaki non mahrom yang mengenal atau bahkan sekedar membaca nama mereka.

Sama seperti Habib Umar, Hubabah Ummu Salim adalah sosok yang tiap detiknya beliau lalui dengan berdzikir, berdakwah, juga melayani keluarga dan masyarakat. Kemana-mana beliau selalu membawa satu tas yang penuh dengan uang. Setiap ada orang sakit atau orang mempunyai masalah yang datang kepada beliau, selalu beliau ambilkan uang dari tas itu tanpa pernah menghitung berapa banyak uang yang beliau keluarkan. Beliau bahkan tak akan kembali ke rumah kecuali semua uang yang ada di tas itu benar benar habis.

Istri Habib Umar bin Hafidz


Setiap kali ada masjid sekitar yang mengumumkan kabar wafat seseorang (siapapun orangnya), beliau pasti akan menyuruh para khodimahnya untuk memasak dan mengirimkan makanan untuk para tamu yang akan datang ke rumah duka. Jika ada tamu di rumah beliau, tak jarang beliau sendiri yang memasak hidangan untuk para tamunya. Dan Masyaa Allah, beliau beserta keluarganya akan mengambil makanan sisa para tamunya dengan niat tabarrukan.
Beliau meyakini bahwa sisa makanan tamu adalah makanan penuh barokah.

Ditengah kesibukan dakwah dan mengajar beliau yang sangat padat, bagi beliau melayani suami adalah yang tak bisa ditawar. Pernah ketika beliau baru saja sampai di tempat mengajar, beliau menerima kabar bahwa sebentar lagi Habib Umar akan sampai di rumah untuk makan malam. Tanpa berpikir panjang beliau langsung pulang ke rumah untuk melayani kebutuhan Habib Umar. Seorang wanita sholehah kala menjadi anak ia akan menjadi sebai-baiknya anak. Seorang wanita sholehah kala menjadi isteri ia akan menjadi peneduh suaminya. Seorang wanita sholehah kala menjadi seorang ibu ia akan menjadi madrasah pertama nan terbaik bagi anak anaknya.

Baca: Kakek Habib Umar bin Hafidz Dari Bondowoso Mempunyai Sifat Khumul

Semoga kita meneladani beliau. Amiin. Wallahu'alam bishawwab. [dutaislam/ka]
Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB