Jelang Konfercab NU Jaktim, Ketua Panitia: Panitia Tak Berpihak kepada Kandidat Tertentu
Cari Berita

Advertisement

Loading...

Jelang Konfercab NU Jaktim, Ketua Panitia: Panitia Tak Berpihak kepada Kandidat Tertentu

Duta Islam #02
Rabu, 02 Oktober 2019
Loading...

Ketua Panitia Konfercab PCNU Jaktim ke IX, Syarif Cakhyono.
DutaIslam.Com - Menjelang Konferensi Cabang (Konfercab) ke IX Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Jakarta Timur (PCNU Jaktim), sejumlah kandidat mulai digadang-gadang untuk menjadi Rais Syuriyah dan Ketua Tanfidziyah PCNU Jaktim.

Terbaru, Wakil Katib Pengurus Nahdatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta, KH Taufik Damas dan sejumlah tokoh NU lainnya sudah menghubungi panitia Konfercab PCNU Jaktim.

"Iya beberapa pengurus dan tokoh NU yang berdomisili di kota administrasi Jakarta Timur sudah menanyakan, kapan dan dimana diselenggarakan konfercab," ujar Ketua Panitia Konfercab PCNU Jaktim ke IX, Syarif Cakhyono, kepada wartawan, Selasa (2/10/19) sore.

Menurut Syarif Cakhyono, kandidat bakal calon Rais Syuriyah sudah mulai terlihat. Ia pun mengungkapkan para calon tersebut bakal hadir pada acara Konfercab NU Jatim.

Lebih lanjut, kata Syarif, selain Rais Syuriyah PCNU Jaktim yang sedang berkhidmat, yakni KH Ibnu Mulkan, panitia juga akan mengundang tokoh-tokoh NU lainnya di Jaktim.

"Rais Syuriyah Majelis Wakil Cabang (MWC) NU se-Jaktim akan kami undang semua tak terkecuali. Tokoh-tokoh NU juga akan kami undang juga," kata dia.

Namun terkait kandidat calon Ketua Tanfidziyah PCNU Jaktim, Syarif tak mau membuka siapa saja yang akan mencalonkan diri pada pemilihan Ketua Tanfidziyah.

"Ya lihat saja nanti, pada konfercab bakal calon Ketua Tanfidziyah pasti juga akan kelihatan," ucapnya.

Menanggapi telah beredar beberapa acara yang mengatasnamakan Panitia Konfercab NU Jaktim, Syarif menyebut pihaknya tak membuat acara apapun. Ia pun menegaskan panitia tak berpihak kepada kandidat calon Rais maupun Ketua Tanfidziyah.

"Panitia menegaskan tidak berpihak kepada calon manapun. Panitia juga tidak pernah membuat acara apapun, untuk mendukung kandidat bakal calon pengurus tertentu," tandas dia.

Sebab, kata dia lebih lanjut, PWNU DKI Jakarta sebelumya sudah menjaring dan memberikan orientasi pada para calon pemimpin NU tingkat cabang.

"Panitia tidak perlu lagi bikin acara-acara, biayanya mau darimana?. Sudah cukup melalui pengurus wilayah NU DKI, para calon Rais Syuriah maupun Tanfizdiyah mendapat orientasi kepemimpinan NU di Jaktim," jelas dia.

"Jadi, kalau ada yang terkait konfercab mengatasnamakan panitia itu tidak benar," tegas dia menambahkan.

Selain itu, terkait pelaksanaan Konfercab NU Jaktim, Syarif mengatakan, akan digelar di Hotel Pramesthi Puncak Bogor, Jawa Barat.

"Insya Allah akan kami selenggarakan di Hotel Pramesthi Bogor. Rencana, tanggal 11 sampai 13 Oktober. Do'akan semoga tidak ada halangan ya..., dan semoga acara lancar sesuai harapan," imbuhya.

Sementara Wakil Katib PWNU DKI Jakarta KH Taufik Damas menyatakan dirinya siap maju jika dirinya diminta untuk menjadi Rais Syuriyah PCNU Jaktim. 

"Yang penting kita sukseskan konfercab. Jika saya diminta untuk menjadi Rais Syuriah, saya tidak bisa menolak. Semoga konfercab berjalan lancar dan dapat memilih Rais Syuriah dan Ketua Tanfidziah yang mampu memajukan NU di Jakarta Timur," kata Kiai Taufik.

Meski demikian, Ia mengatakan tergantung dinamika yang ada. Sebab kata dia, jabatan Rais Syuriyah bukan jabatan biasa, namun jabatan yang sangat berat.

"Jabatan Rais Syuriyah merupakan jabatan tertinggi di NU. Dan jabatan ini ketika belum menjadi "sohibul Maqom" biar ambisi kayak apapun saya kira tak bakal jadi," ucapnya.

Untuk diketahui, berdasarkan SK PBNU masa khidmat PCNU Jaktim 2014-2019 akan berakhir pada Desember 2019 mendatang.

Sebelumnya PCNU Kota Administrasi Jakarta Barat (Jakbar) telah menggelar Konfercab NU Jakbar. Tepilih Kiai Sueidi sebagai Rais Syuriyah dan Agus Salim sebagai Ketua Tanfidziyah PCNU Jakbar. [dutaislam.com/gg]

Loading...