Hal yang Harus Dipahami Sebelum Daftar BPJS Kesehatan
Cari Berita

Advertisement

Loading...

Hal yang Harus Dipahami Sebelum Daftar BPJS Kesehatan

Duta Islam #06
Selasa, 29 Oktober 2019
Loading...

berapa iuran bulanan bpjs paling murah
Cara daftar BPJS Online tiga kelas. Sumber foto: finansialku.com.

Dutaislam.com - Memiliki asuransi kesehatan atau jaminan kesehatan rasanya sudah menjadi keharusan bagi semua orang. Apalagi di masa sekarang saat banyak jenis "penyakit baru" yang membutuhkan penanganan lebih di setiap pengobatannya.

Dengan memiliki jaminan kesehatan, kamu akan lebih tenang menjalani aktivitas sehari-hari. Jika, amit-amit, terjadi sesuatu pada diri sendiri atau keluarga inti, setidaknya pengeluaran yang membengkak bisa di-cover dengan jaminan kesehatan ini.

Akan tetapi, pada kenyataannya masih banyak orang yang enggan menyisihkan penghasilannya untuk mendaftar dan membayar premi bulanan di asuransi kesehatan. Ada yang berpikir mendaftar asuransi kesehatan pasti merepotkan, tidak sedikit juga yang beranggapan klaim asuransi yang satu ini akan rumit dan membutuhkan proses melelahkan.

Jika masalah utama belum memiliki asuransi kesehatan adalah karena premi bulanannya yang mahal, ada BPJS Kesehatan yang biayanya sangat terjangkau dan bisa mencakup pembiayaan semua lapisan masyarakat; mulai dari yang kaya raya hingga yang berpenghasilan di bawah UMR. Berikut adalah hal yang harus kamu pahami sebelum mendaftar di BPJS Kesehatan.

Memiliki 3 kelas yang berbeda

BPJS menganut sistem asuransi yang berarti setiap nasabah wajib membayar iuran alias premi setiap bulan. Iuran ini harus dibayar sesuai dengan kelas yang didaftarkan di awal sesuai keinginan nasabah. BPJS terbagi menjadi 3 kelas yaitu I, II, dan III dengan besaran iuran Rp80.000,00 untuk kelas I, Rp51.000,00 untuk kelas II, dan Rp25.500,00 untuk kelas III. Iuran bulanan ini harus dibayarkan tepat waktu, yaitu sebelum tanggal 10 di setiap bulannya.

Bersifat wajib bagi WNI
Tahukah kamu bahwa keikutsertaan BPJS bagi Warga Negara Indonesia (WNI) bersifat wajib dan sudah tercatat di dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 12 tahun 2013? Tujuan utama dibentuknya BPJS Kesehatan adalah untuk memastikan seluruh lapisan masyarakat mendapatkan jaminan perawatan kesehatan yang layak. Itulah sebabnya iuran dibagi menjadi 3 golongan kelas, dengan tingkatan nominal premi yang terjangkau.

Baca: Khasiat Pohon Kemangi Untuk Kesehatan Perspektif Islam

Bagi kamu kaum pekerja yang mendapatkan gaji setiap bulan sesuai UMR, ada baiknya kamu mendaftar BPJS Kesehatan kelas I. Jika kamu hanya sanggup membayar premi di tingkatan kelas II dan III, sertakan beberapa bukti yang menyatakan kamu memang masuk persyaratan sebagai nasabah BPJS Kesehatan kelas II atau III.

Meng-cover biaya kelahiran hingga kematian
Meski memiliki iuran dengan harga jauh lebih murah dibanding premi asuransi lain, BPJS Kesehatan terbukti memiliki cakupan tanggungan yang luas. Mulai dari kelahiran, pengobatan umum, klinik gigi, imunisasi, biaya operasi besar dan kecil, rawat inap, hingga kematian karena sakit atau kecelakaan bisa ditanggung dengan BPJS Kesehatan. Jangkauan dari jaminan kesehatan ini juga menyeluruh, mulai dari perawatan di tingkat Puskesmas, bidan, hingga Rumah Sakit Daerah.

Sistem pembayaran beragam
Selain menjangkau di hampir semua lapisan masyarakat, sistem pembayaran BPJS Kesehatan juga sangat beragam. Kamu bisa mendaftar dan membayar iuran bulanan dengan cara mendatangi kantor cabang, situs (website) resmi BPJS, aplikasi resmi JKN, atau situs penyedia pembayaran BPJS Kesehatan seperti Traveloka. Kelebihan utama jika kamu membayar iuran lewat Traveloka adalah adanya 6 metode pembayaran yang bisa dipilih: UANGKU, transfer, kartu kredit, ATM, BCA KlikPay, atau Alfamart.

Bisa daftar secara online
Selain memiliki kemudahan dari ringannya premi yang dibayar serta jangkauannya yang menyeluruh, BPJS juga melayani pendaftaran secara online. Hal yang kamu butuhkan adalah layar komputer dan sambungan internet. Jika kamu tidak memiliki akses komputer atau laptop, cek cara daftar BPJS online di sini karena pendaftaran BPJS Kesehatan juga bisa dilakukan lewat aplikasi ponsel, contohnya Traveloka yang terkenal dengan sistemnya yang praktis dan tidak merepotkan.

Dengan akses yang sangat mudah, tidak ada lagi alasan untuk tidak mendaftarkan diri ke BPJS Kesehatan. Jadilah warga negara yang baik dan menghargai kesehatan diri dengan cara memberi perlindungan tepat agar tidak menyesal di kemudian hari. [dutaislam.com/uf/adv]

close
Banner iklan disini