Bukan Cuma Wiranto, Ini Daftar 5 Kasus Penusukan Anggota ISIS Lintas Negara
Cari Berita

Advertisement

Loading...

Bukan Cuma Wiranto, Ini Daftar 5 Kasus Penusukan Anggota ISIS Lintas Negara

Duta Islam #03
Kamis, 10 Oktober 2019
Loading...

Penusukan Menko Polhukam oleh Anggota JAD Bekasi. Foto: istimewa. 
DutaIslam.Com - Menko Polhukam Wiranto ditusuk seorang pria bernama Abu Rara atau Syahril Alamsyah di Pandeglang, Banten, Kamis (10/10/2019). Abu Rara diduga terpapar ideologi radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Kepala BIN Budi Gunawan di RSPAD Gatot Soebroto menyebut Abu Rara merupakan salah satu anggota JAD Bekasi.

Selain Abu Rara, polisi juga mengamankan seorang wanita bernama Fitri Andriana. Fitri juga anggota JAD. "Bahwa dari dua pelaku ini kita sudah bisa mengidentifikasi bahwa pelaku adalah kelompok JAD Bekasi," ujar Kepala BIN Budi Gunawan di RSPAD Gatot Soebroto, Kamis (10/10/2019) dikutip dari Detik.com.

Hasil deteksi BIN juga menyebutkan bahwa Abu Rara mulanya bergabung dengan JAD Kediri. Dia terindikasi pindah ke Bogor.

Soal insiden penusukan oleh ISIS, peristiwa yang menimpa Wiranto sebenarnya bukan kali pertama terjadi. Insiden serupa sebelumnya juga pernah terjadi di Indonesia dan di beberapa negara lain. Berikut daftarnya sebagaimana dilansir dari Detik.com.

1. Jakarta, Indonesia
Pria bernama Mulyadi menusuk dua anggota Brimob di Masjid Falatehan, yang lokasinya dekat dengan Mabes Polri pada 30 Juni 2017. Dua anggota Brimob yang menjadi korban adalah AKP Dede Suhatmi dan Briptu Syaiful B. Kedua polisi ini mengalami luka di bagian leher dan wajah.

Berdasarkan pemeriksaan, Mulyadi diketahui merupakan pendukung ISIS. Mulyadi kerap menyebut bahwa ISIS itu baik.

2. Melbourne, Australia
Pada bulan November 2018, ISIS diketahui pernah melakukan penusukan terhadap seorang pria kepada anggota kepolisian di Burke Street, Melbourne, Australia. ISIS pun mengklaim bertanggung jawab atas penusukan tersebut.

3. Dagestan, Rusia
Dua pelaku bersenjatakan pisau menikam seorang polisi di Dagestan, Rusia hingga tewas. Satu polisi Rusia lainnya luka-luka dalam insiden yang sama.

Motif penyerangan ini belum diketahui pasti. Namun televisi lokal Rusia, Rossiya 24, menyebut serangan ini sebagai 'upaya untuk mengulang' aksi penikaman yang marak terjadi di wilayah Eropa Barat dan diklaim oleh ISIS

4. Hanover, Jerman
Safia, seorang gadis berusia 16 tahun asal Maroko, menusuk seorang polisi Jerman di stasiun kereta api di Hanover pada Februari 2016. Safia sendiri melakukan penusukan tersebut atas perintah ISIS.

5. Yerusalem, Israel
Salah seorang dari tiga pemuda, menikam seorang polwan Israel di Yerusalem. Mereka diduga merupakan bagian dari ISIS. Seperti dilansir AFP, Sabtu (17/06/2017), tiga warga Palestina yang menjadi pelaku serangan ditembak mati tentara Israel dalam insiden yang terjadi di luar Kota Tua, Yerusalem, pada Jumat (16/06/2017) waktu setempat.

Kepolisian Israel menyebut dua pelaku melepas tembakan ke arah kerumunan polisi di Kota Tua, Yerusalem, yang langsung membalas tembakan itu. Satu pelaku lainnya menikam seorang polisi wanita Israel yang ada di lokasi. ISIS sendiri pun mengklaim telah menikam seorang polisi wanita Israel hingga tewas. Klaim ISIS ini merupakan yang pertama untuk serangan di wilayah Israel. [dutaislam.com/pin]


Loading...