36 Orang Afiliasi ISIS Ditangkap Pasca Penusukan Wiranto, Ada Polwan
Cari Berita

Advertisement

36 Orang Afiliasi ISIS Ditangkap Pasca Penusukan Wiranto, Ada Polwan

Duta Islam #03
Rabu, 16 Oktober 2019
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
ISIS Indonesia. Ilustrasi: Istimewa.
DutaIslam.Com - Pihak kepolisian menangkap 36 orang terafiliasi ISIS pasca-penusukan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM Wiranto beberapa waktu lalu.

Penangkapan 36 orang tersebut merupakan tindak lanjut dari pengembangan atas penangkapan SA alias Abu Rara dan istrinya FD. Abu Sara dan FD adalah pelaku menusuk Wiranto dan kapolsek Menes di Alun-alun Menes, Pandeglang, Banten.

Berangkat dari sana, satu per satu anggota jaringan Abu Rara yang terafiliasi dengan ISIS diciduk.

"Pasca-ditangkapnya Abu Rara di Pandengalang, 36 orang kita tangkap, termasuk polwan," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Muhammad Iqbal di Jakarta, Rabu (16/10/2019) dikutip dari Kompas.com.

Masih dilansir dari kompas.com, Iqbal menjelaskan, para pelaku berkoordinasi secara online. Mulai dari baiat hingga belajar merakit bom sehingga tak terpusat di satu daerah. Densus 88 pun berpencar ke berbagai daerah, seperti Manado, Jawa Timur, Bali, Jawa Tengah, Banten, hingga Cirebon.

Di Pandeglang, polisi menangkap tiga orang termasuk SA dan FD. Penangkapan juga dilakukan di Bandung, Mamado, Cengkareng, Jambi, Lampung, Poso, dan Jawa Timur. Penangkapan tersebut, kata Iqbal, sekaligus menghentikan rencana aksi teror mereka.

"Hampir 90 persen mereka berbaiat secara online, oleh karena itulah saya menyebutnya fenomena baru," kata Iqbal.

Iqbal menyampaikan, kemungkinan orang yang ditangkap akan bertambah. Hingga saat ini, tim Densus 88 masih mengejar di lapangan. "Karena kita ingin mengetahui apakah ini jaringan terorisme atau ada yang menyetting ada yang menyuruh," ujar Iqbal. [dutaislam.com/pin]


Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB