Tafsir Surat Yusuf 58, Perjumpaan Nabi Yusuf dengan Saudaranya
Cari Berita

Advertisement

Loading...

Tafsir Surat Yusuf 58, Perjumpaan Nabi Yusuf dengan Saudaranya

Duta Islam #04
Selasa, 24 September 2019
Loading...

Penjelasan kandungan Surat Yusuf ayat 58 (sumber: istimewa)
Surat Yusuf ayat 58 membicarakan tentang kisah Nabi Yusuf. Di dalam Surat Yusuf ayat 58 dijelaskan perihal Nabi Yusuf dengan saudara-saudaranya.

DutaIslam.Com - Surat Yusuf ayat 58 menceritakan sikap saudara-saudara Nabi Yusuf yang tidak mengenali dirinya. Surat Yusuf ayat 58 hendak memberikan pelajaran sejarah kepada umat Islam tentang kisah Nabi Yusuf dan saudara-saudaranya.

Di dalam Surat Yusuf ayat 58 disebutkan, ketika saudara-saudaranya bertemu Nabi Yusuf pertama kali bertemu, mereka tidak mengenalinya sama sekali. Waktu lama yang memisahkan mereka menjadi salah satu faktor saudara-saudara Nabi Yusuf tidak kenal lagi.

Baca: Tafsir Surat Al-Isra Ayat 26, Bersedekah Kepada Kerabat

Di samping itu, saudara-saudaranya dulu sejak Nabi Yusuf kecil mereka tidak menyukainya. Bahkan, mereka berusaha membunuh Nabi Yusuf dengan dijeburkan ke dalam sumur.

Perjumpaan Nabi Yusuf dengan saudara-saudaranya setelah puluhan tahun lamanya bermula dari kriris pangan yang melanda Mesir dan sekitarnya. Pada waktu itu, Mesir dan negera-negara sekitarnya mengalami masa peceklik yang berkepanjangan, sehingga mereka kekurangan pangan.

Namun, Mesir sudah mempersiapkan diri untuk menghadapa pacekelik tersebut, sehingga ia memiliki cadangan pangan yang berkecukupan. Kesiapan Mesir tersebut berawal dari saran Nabi Yusuf ketika mentafsiri mimpi raja Mesir.

Mendengar Mesir berkecukupan ketersediaan pangan yang berlimpah, banyak penduduk dari daerah lain yang  berdatangan menuju Mesir untuk mendapatkan bahan pangan. Sebab, raja Mesir saat itu membagikan pangan kepada orang-orang yang butuh atau menjual dengan harga murah.

Baca: 5 Manfaat Mengetahui Asbabun Nuzul

Nabi Ya'kub yang juga mendengar kabar tersebut bergegas mengutus anak-anaknya menuju ke Mesir. Satu anak yang bernama Bunyamin tidak berangkat ke Mesir untuk menemani Nabi Ya'kub di rumah.

Sesampai mereka di Mesir, Nabi Yusuf langsung mengenali wajah-wajah saudaranya tersebut. Hal itu sebagaimana dicerikan Surat Yusuf ayat 58.

 وَجَاءَ إِخْوَةُ يُوسُفَ فَدَخَلُوا عَلَيْهِ فَعَرَفَهُمْ وَهُمْ لَهُ مُنْكِرُون

"Dan datanglah saudara-saudara Yusuf ke Mesir, lalu mereka masuk kepada (tempat) nya. Maka dia (Yusuf) mengenal mereka, sedangkan mereka tidak mengenalinnya (lagi) kepadanya" (QS. Yusuf: 58).

Dalam Tafsir al-Azhar karya Hamka dijelaskan, saudara-saudara Nabi Yusuf datang ke Mesir dengan membawa hasil negeranya untuk ditukarkan dengan gandum. Meskipun sudah sekitar 25 tahun lamanya, Nabi Yusuf langusng mengenali bahwa mereka adalah saudaranya.

Baca: Tafsir Surat An-Nisa Ayat 9, Pendidikan Anak

Akan tetapi saudara-saudaranya tersebut sama sekali tidak mengenali Nabi Yusuf. Bagaimana akan mengenalinya, Yusuf yang dulu masih anak kecil, kini sudah tumbuh menjadi orang dewasa. Di samping itu, Yusuf saat itu berpakain mewah laiknya seorang seorang dari kalangan kerajaan. (Tafsir al-Azhar, juz 13, hal.17).

Demekianlah penjelasan Surat Yusuf ayat 58 tentang kisah perjumpaan Nabi Yusuf beserta saudara-saudaranya. Dari kisah ini, semoga umat Islam dapat menjadikannya satu pejalaran berharga. [dutaislam.com/in]

close
Banner iklan disini