Pelajar Ikur Demo, Ganjar: Yang Jahat itu Yang Mengundang
Cari Berita

Advertisement

Pelajar Ikur Demo, Ganjar: Yang Jahat itu Yang Mengundang

Duta Islam #03
Senin, 30 September 2019
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Ilustrasi Ratusan pelajar dengan seragam pramuka, SMK, dan STM menyerang aparat kepolisian dari brimob yang sedang bertugas menjaga pintu belakang Gedung DPR/MPR RI, Jakarta Pusat, Rabu (25/09/2019). Foto: Kompas.com.
DutaIslam.Com - Demonstrasi di Magelang yang berakhir ricuh disesalkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Terutama terkait sejumlah pelajar yang dilibatkan dalam demo tersebut.

Ganjar meminta agar Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) segera turun tangan untuk mencegah peristiwa serupa.

"Demonstrasi yang melibatkan pelajar terjadi di sejumlah tempat. Ayo KPAI turun tangan dong, bareng-bareng sama saya," kata Ganjar usai menghadiri 12th Cooperation Forum di Hotel Po Kota Semarang, Senin (30/09/2019) dikutip dari Radarsolo.jawapos.com.

Ganjar mengaku sudah berbicara dengan seluruh Kepala Sekolah SMA/SMK/SLB se-Jateng untuk mengawasi murid-mudirnya. Ganjar meminta seluruh kepala sekolah melarang siswanya ikut berdemonstrasi.

"Saya minta Kepsek untuk sekaligus ngandani (memberitahu) orang tua siswa, agar semua ikut mengawasi dan mengendalikan," imbuhnya.

Para pelajar menurut Ganjar tidak usah ikut turun ke jalan untuk melakukan aksi demonstrasi. Mereka diminta fokus belajar di sekolah.

"Kemarin kan banyak yang tidak tahu itu demo apa, kasihan mereka sebenarnya. Saya minta pelajar ndak usah turun, belajar saja di sekolah. Yang demo biar mahasiswa saja, mereka sudah cukup umur dan punya suara. Kalau pelajar kan masih anak-anak, jangan. Belajar saja, apalagi kemarin habis UTS (ujian tengah semester) kan?" tambahnya.

Ganjar mengecam keras pihak-pihak yang menyebarkan undangan kepada para pelajar untuk ikut aksi demonstrasi.

"Di Magelang itu kan mereka diundang untuk turun ke jalan, setelah ikut aksi kemudian terjadi tawuran. Yang jahat itu yang mengundang jahat itu yang mengundang. Saya sampaikan dengan keras ini," tegasnya.

Ganjar menduga, ada skeneario yang memang diciptakan untuk terjadinya kericuhan. "Jangan jahat-jahatlah sama anak bangsa," tambahnya.

Aksi demonstrasi yang melibatkan pelajar terjadi di sejumlah tempat. Selain di Jakarta, aksi demo dengan peserta pelajar juga terjadi di Magelang, Jawa Tengah pada Kamis (26/09/2019) lalu. [dutaislam.com/pin]

Keterangan: Disadur dan diedit dari Radarsolo.jawapos.com dengan judul asli 'Pelajar Ikut Demo, Ganjar: KPAI Turun Tangan Dong!'

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB