Merasionalkan Manaqib
Cari Berita

Advertisement

Merasionalkan Manaqib

Duta Islam #02
Jumat, 06 September 2019
Download Ngaji Gus Baha

Flashdisk Ebook Islami
Manaqib Syekh Abdul Qodir Jailani.
Oleh KH Ma'ruf Khozin

DutaIslam.Com - Jika mereka mendengar sebutan "Manaqib Syekh Abdul Qadir Jailani" langsung dituduh perbuatan Bid'ah. Pelan-pelan dulu, Sobat. Mari kita pahami dulu apa makna Manaqib dan sejarahnya.

Manaqib diambil dari kata dasar Manqab, yang artinya:

المَنْقَبُ : الطَّريقُ الضَّيِّقُ في الجبل
"Jalan sempit di pegunungan".

المَنْقَبَةُ الفِعْلُ الكريمُ والمفخرة والجمع : مَنَاقِبُ
"Makna lainnya adalah perbuatan mulia dan membanggakan. Kalimat pluralnya adalah Manaqib".

Kalau dalam pemahaman kita saat ini Manaqib kurang lebih adalah biografi, sejarah hidup, baik ulama, tokoh, intelektual, politikus dll.

Imam Bukhari dalam kitab Sahihnya menulis bab khusus tentang Manaqib para Sahabat. Diantaranya:

"Manaqib Suku Quraisy, Manaqib Shahabat Muhajirin, Manaqib Umar bin Khattab, Manaqib Manaqib Utsman bin Affan, Manaqib Ali bin Abi Thalib, Manaqib Ja'far bin Abi Thalib, Manaqib para kerabat Rasûlullâh shallallâhu alaihi wasallam, Manaqib Zubair bin awwam, Manaqib Sa'ad bin Abi Waqqash, Manaqib Zaid bin Haritsah, Manaqib Abdullah bin Umar, Manaqib Ammar dan Hudzaifah, Manaqib Abu Ubaidah bin Jarrah, Manaqib Hasan dan Husain, Manaqib Bilal bin Rabah, Manaqib Khalid bin Walid, Manaqib Salim budak Abu Hudzaifah, Manaqib Abdullah bin Mas'ud, Manaqib Shahabat Ansor, Manaqib Sa'ad bin Mu'adz, Manaqib Mu'adz bin Jabal, Manaqib Ubay bin Ka'b, Manaqib Zaid bin Tsabit, Manaqib Abu Thalhah, Manaqib Abdullah bin Salam" (kalau tidak percaya silahkan ketik sendiri di mesin pencari kitab dalam Sahih Bukhari).

Tapi kenapa yang dibaca Manaqib Syekh Abdul Qodir Jaelani?

Begini, tokoh tertentu akan selalu disebut oleh para pengikutnya. Hizbut Tahrir yang selalu digaungkan adalah nama Syekh Taqiyuddin. Ikhwanul Muslimin selalu menyebut nama Syekh Hasan Al Banna. Salafi dimana-mana menyebut keutamaan metode dakwah Syekh Ibnu Abdil Wahhab, ada puluhan kitab yang ditulis dalam diri beliau oleh para pecintanya.

Nah, Syekh Abdul Qadir ini adalah sosok ulama besar dalam Tarekat Naqsyabandiyah wal Qadiriyah. Tarekat ini yang banyak tersebar khususnya di Indonesia. [dutaislam.com/gg]

Jual Kacamata Minus

close
Iklan Flashdisk Kitab 32 GB