Ketika Syeikh As-Sakhiri Ziarah Makam Nabi dan Mengancam Karena Lapar
Cari Berita

Advertisement

Loading...

Ketika Syeikh As-Sakhiri Ziarah Makam Nabi dan Mengancam Karena Lapar

Duta Islam #03
Sabtu, 14 September 2019
Loading...

Makam Nabi terletak di area Masjid Nabawi, Madinah. Foto: Istimewa.
DutaIslam.Com - Syaikh Muhammad as-Sakhiri pernah berziarah ke kuburan Rasulullah Saw di Madinah. Setelah mengucapkan salam, dia lantas mengucapkan kalimat berikut ini: "Kanjeng Rasulullah, saya sekarang sowan kepadamu, menjadi salah satu dari sekian tamumu. Sungguh, saya pas dalam keadaan lapar, bahkan sangat lapar. Kalau engkau tidak memberikan makanan kepada saya, maka akan saya hancurkan lampu-lampu di masjidmu ini."

Tidak seberapa lama dari kalimatnya itu dilontarkan, ada seseorang yang datang menemui Syaikh as-Sakhiri. "Kamu lapar ya?" tanyanya sembari memberikan kurma dan berbagai macam makanan lainnya. Orang itu menyodorkan makanan sambil tertawa.

"Ada apa ini? Dari mana engkau tahu aku lapar? Terus, kenapa engkau tertawa," Syaikh as-Sakhiri tidak kuat menyimpan rasa penasarannya. Seperti sedang bermimpi dia. Tapi itu nyata. Betul-betul nyata.

"Ketahuilah bahwa tadi saya sedang tidur. Tiba-tiba Rasulullah Saw datang dalam mimpiku dan beliau bersabda: 'Itu ada tamuku yang tidak sopan, buruk akhlaknya. Cepat beri dia makanan. Karena dia sedang lapar,' sembari beliau menunjuk kepadamu."

Apa sebenarnya pesan dari peristiwa itu? Di antaranya adalah bahwa dalam berhadapan dengan ketidaksopanan sekali pun, derma dan kasih-sayang Sang Nabi Saw itu tetaplah meluap-luap. Sehingga di samping mendapatkan makanan yang membuatnya kenyang, secara tidak langsung si sufi itu juga mendapatkan hidangan perilaku yang berupa tatakrama yang mulia dari makhluk yang paling mulia, baik di dunia ini maupun di akhirat nanti. [dutaislam.com/pin]

Keterangan: Disadur dari Akun Facebook Kuswaidi Syafi'i, Pengasuh Pesantren Maulana Rumi Sewon, Bantul Yogyakarta dengan judul asli 'Tamu Tidak Sopan'.

Loading...