Soal Video Salib, UAS Penuhi Panggilan MUI Sore Ini
Cari Berita

Advertisement

Soal Video Salib, UAS Penuhi Panggilan MUI Sore Ini

Duta Islam #03
Rabu, 21 Agustus 2019

Ustadz Abdul Somad mendatangi MUI, Rabu (21/08/2019). Foto: detik.com.
DutaIslam.Com - Ustadz Abdul Somad (UAS) memenuhi panggilan Majelis Ulama Indonesia (MUI). UAS akan dimintai keterangan untuk mengklarifikasi soal ceramahnya tentang salib yang viral belakangan ini.

UAS tiba di kantor MUI, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (21/08/2019) pukul 15.52 WIB. UAS tiba menggunakan mobil SUV hitam berpelat nomor D-1173-AGS.


Tidak ada keterangan apa pun yang diberikan UAS. Setiba di MUI, ia langsung naik ke lantai 4 untuk bertemu dengan pihak MUI. Sempat tertahan oleh media ketika ingin masuk, UAS naik menggunakan tangga.

Awak media sempat bersitegang dengan pihak pengamanan karena dilarang mengambil gambar UAS saat keluar dari mobil. Aparat keamanan pun memisahkan UAS dari kerumunan massa dengan masuk lewat pintu belakang gedung.

MUI mengundang UAS untuk bertabayun mengenai ceramahnya tentang salib yang viral belakangan ini. MUI menegaskan pihaknya menjadi mediator dalam menyelesaikan kasus UAS ini agar masalah tersebut cepat selesai.

"Kami ingin menggali informasi dari beliau untuk mengetahui secara detail tentang kronologi permasalahan agar nantinya tidak salah dalam mengambil keputusan, maka kami perlu bertabayun terlebih dulu dengan yang bersangkutan dan insyaallah beliau siap bertemu dengan kami hari ini jam 15.00 WIB di kantor MUI," ucap Waketum MUI Zainut Tauhid Sa'adi dalam keterangannya, Rabu (21/08/2019).

"Untuk hal tersebut, MUI mengimbau kepada semua pihak untuk bersabar, tetap tenang, tidak terpancing dan terprovokasi oleh pihak-pihak yang sengaja ingin menciptakan keresahan di masyarakat dengan cara mengadu domba antarumat beragama," lanjutnya.

Seperti diketahui, video UAS yang membahas salib beredar di media sosial. UAS sendiri sudah menyampaikan klarifikasi dan menyebut ceramahnya dilakukan di forum internal tertutup.

Atas video tersebut, beberapa pihak melaporkan UAS ke polisi. Setidaknya ada empat pihak yang telah melaporkan UAS, yaitu Horas Bangso Batak (HBB), seorang dosen universitas swasta di Jakarta bernama Manotar Tampubolon, Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), dan Presidium Rakyat Menggugat (PRM).

Sebelumnya Somad mengklarifikasi soal isi ceramahnya tersebut. Dia menegaskan bahwa substansi ceramahnya itu hanya sekadar menjawab pertanyaan dari salah satu jemaah dan bukan untuk merusak hubungan antarumat beragama di Indonesia.

Dia menuturkan ceramah yang mengundang polemik itu dilakukan di Masjid An-Nur Pekanbaru sekitar tiga tahun lalu. Ia menjelaskan subtansi ceramah tersebut hanya untuk menjawab pertanyaan dari jamaah tentang patung dan kedudukan Nabi Isa AS yang tertera dalam Alquran dan Sunah Nabi Muhammad SAW. [dutaislam.com/pin]

Keterangan: Disadur dari CNNIndonesia.com dari berita berjudul 'Polemik soal Salib, Abdul Somad Penuhi Undangan MUI' dan berita Detik.com berjudul 'Ustaz Abdul Somad Penuhi Panggilan MUI'.

close
Banner iklan disini